sign up SIGN UP search


parenting

Pahami Cara Pembagian Bersusun yang Mudah Diajarkan pada Anak

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 31 Jul 2022 17:55 WIB
Ilustrasi ibu mengawasi anak belajar caption
Jakarta -

Cara pembagian bersusun merupakan bagian dari ilmu aritmetika dasar untuk memecahkan soal pembagian panjang yang biasanya terdiri dari dua angka atau lebih. Dengan mempelajari tahap pembagian bersusun, Bunda akan dimudahkan untuk menyelesaikan berbagai soal pembagian.

Cara pembagian bersusun membutuhkan ketelitian. Maka itu, cobalah bantu Si Kecil ketika ia menghadapi kesulitan dalam memahaminya.

Kita mulai dengan mengetahui lebih dulu yuk, Bun pengertian dari cara pembagian bersusun ini. Dengan begitu juga akan lebih mudah untuk Bunda pecahkan masalah yang ada.


Banner Fakta IQ AnakFoto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Cara pembagian bersusun matematika

Ambillah selembar kertas untuk menuliskan bilangan yang akan dibagi. Si sisi kanan bilangan yang membagi di dan bagian sisi kiri lambang pembagi. Jawaban atau hasil pembagian bisa Bunda tuliskan di bagian atas bilangan yang akan dibagi.

Pastikan Bunda menyisakan cukup tempat di bagian bawah persamaan karena biasanya juga harus melakukan beberapa kali pengurangan. Pastikan Bunda memulainya dengan contoh penyelesaian soal sederhana.

1. Bagi angka pertama

Pastikan Bunda melakukan operasi pembagian dari kiri ke kanan. Cobalah untuk menentukan berapa kali pembagi bisa dikalikan hingga menjadi angka pertama bilangan yang ingin Bunda bagi. Ingat, boleh kurang tapi tidak boleh melebihinya.

Misalnya cara pembagian bersusun puluhan yang lebih mudah diselesaikan dengan menyamakan angka akhir perkalian.

2. Membagi dua angka pertama

Jika Bunda dihadapkan pada soal dengan angka pembagi lebih besar dan terdiri dari dua angka pertama, maka cobalah untuk menentukan berapa kali pembagi akan dikalikan agar bisa mendekati dua angka pertama tersebut.

Ingat, pastikan bilangannya tidak melebihi bilangan angka pertama sehingga metode atau cara pembagian bersusun bisa berhasil.

3. Memasukkan angka pertama dari hasil pembagian

Kemudian letakkan angka yang telah Bunda peroleh dari hasil pembagian sebagai angka pertama di bagian atas lambang atau simbol pembagi. Poin penting dalam pembagian bersusun ialah memastikan jika kolom pembagian memiliki urutan yang benar dan pastikan untuk melakukan operasi pembagian secara hati-hati sehingga Bunda tidak membuat kesalahan di bagian akhir.

Pasalnya banyak kesalahan terjadi di mana seseorang yang benar di tahap awal pembagian. Namun, mereka membuat kesalahan di pertengahan karena urutan tidak sesuai dan membuat jawabannya salah.

Cara pembagian bersusun panjang membutuhkan ketelitian sehingga membuahkan hasil yang tepat. Selain menggunakan metode pembagian, pada dasarnya Bunda juga bisa menyelesaikan soal pembagian menggunakan metode kali. Misalnya dengan mengalikan bilangan pembagi, mengurangi, dan menurunkan angka, metode mencari bilangan desimal atau sisanya, dan metode lainnya yang dirasa lebih mudah.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai beberapa metode pembagian bersusun. Semoga ulasan ringkas di atas bisa membantu Bunda mempelajari cara baru menyelesaikan soal pembagian bilangan dua angka atau lebih. (PK)

Simak juga video berikut mengenai tips besarkan anak agar cerdas seperti Maudy Ayunda. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!