sign up SIGN UP search


parenting

5 Mukjizat Nabi Adam yang Dikenal Sebagai Khalifah Pertama di Bumi

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 01 Aug 2022 04:00 WIB
kisah nabi adam caption
Jakarta -

Nabi Adam AS adalah manusia pertama yang diciptakan Allah. Awalnya Nabi Adam AS tinggal bersama istri, Hawa, di surga. Namun karena hasutan setan, Nabi Adam dan Siti Hawa harus tinggal di bumi.

Kisah ini tentu sudah dikenal oleh umat Muslim. Sayangnya sedikit orang memandang Nabi Adam AS mampu melakukan mukjizat, Bun. Padahal Nabi Adam AS memiliki beberapa mukjizat yang diketahui hanya dimiliki olehnya semata.

Apa sajakah mukjizat dari Nabi Adam AS ini?


Banner Fakta IQ AnakFoto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Mukjizat Nabi Adam AS

Bunda, yuk simak bersama 5 mukjizat Nabi Adam AS untuk dipelajari dan diketahui bersama Si Kecil ya, Bun.

1. Mukjizat Nabi Adam AS menjadi khalifa pertama di Bumi

Menjadi khalifa pertama di bumi adalah mukjizat pertama yang dihubungkan dengan Nabi Adam AS. Kemampuannya menjadi khalifa pertama adalah berkat rahmat Allah SWT dan selalu jadi referensi di Islam sampai saat ini.

2. Nabi Adam AS menjadi penerima pengetahuan

Sebagai manusia pertama di bumi, Nabi Adam AS menerima mukjizat pengetahuan. Allah SWT memastikan Nabi Adam AS tahu berbagai nama benda dan makhluk di bumi. Pengetahuan nama ini akhirnya berkembang lebih besar untuk keperluan Adam dan Hawa.

Contoh aplikasi pengetahuan ini adalah kemampuan memilih binatang dan tanaman yang pantas dimakan. Selain itu mengetahui benda-benda yang mampu membantu kehidupan sehari-hari. Mulai dari pembuatan alat berburu sampai juga alat membuat pakaian dari tumbuhan.

3. Mukjizat Nabi Adam AS memiliki umur panjang

Umur panjang Nabi Adam AS adalah tanda mukjizat juga, Bun. Menggunakan umur panjang ini, Nabi Adam dapat menghasilkan banyak keturunan dan merawat keluarganya hingga bisa berkembang besar. Dikabarkan umur panjang Nabi Adam AS juga menjadi hal yang diturunkan ke Nabi Daud AS, yaitu memberi umur 40 tahun.

4. Nabi Adam AS memiliki tinggi mencapai 60 hasta

Ada referensi yang menyebut bahwa ukuran tinggi Nabi Adam AS adalah 60 hasta atau sekitar 27 meter. Banyak yang percaya hal ini merupakan salah satu mukjizat Nabi Adam AS.

Ketinggian ini memastikan Beliau dengan mudah menjadi kepala keluarga. Mulai dari berburu untuk makanan keluarga sampai memastikan keamanan keluarga dari hewan buas.

5. Mukjizat Nabi Adam memiliki keturunan kembar berpasangan

Nabi Adam AS memiliki mukjizat untuk dapat menghasilkan keturunan yang berpasangan. Setiap kali Nabi Adam AS dan istri diberkahi anak, pasti akan mendapatkan kembar. Hal ini termasuk mukjizat agar memastikan keturunan Nabi Adam AS dapat meneruskan keturunan lebih mudah.

Tanpa mukjizat ini, manusia tidak akan dapat berkembang menjadi banyak dan memenuhi bumi. Dapat disimpulkan Allah SWT memang memberi kemampuan ini pada pasangan Nabi Adam dan Siti Hawa untuk berkembang biak jadi banyak.

Sekarang Bunda sudah tahu mukjizat Nabi Adam AS. Sebagai nabi pertama di bumi, peran Nabi Adam AS sangat penting bagi umat manusia sehingga penting untuk diketahui mengenai kelebihan yang dimilikinya. (PK)

Simak juga video berikut mengenai tips mengajarkan toleransi beragama pada anak sejak dini. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!