sign up SIGN UP search


parenting

Prosedur Cap Kaki Bayi Baru Lahir, Simak Waktu hingga Manfaatnya Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Kamis, 18 Aug 2022 09:10 WIB
newborn baby foot close-up right after taking footprints during delivery caption
Jakarta -

Setelah dilahirkan, bayi masih harus melakukan berbagai macam prosedur, Bunda. Salah satunya yang penting adalah cap kaki.

Sudah menjadi tradisi bagi bayi yang baru lahir untuk mengecap jejak kakinya. Hal ini bahkan telah dilakukan sejak tahun 1970-an, termasuk di Indonesia.

Cap kaki bayi ini menjadi salah satu identitas yang dimiliki oleh bayi. Nantinya, cap kaki bayi akan dimasukkan ke dalam akta kelahiran.


Alur pelayanan bayi baru lahir

Setelah dilahirkan, bayi akan menjalani Inisiasi Menyusu Dini (IMD) atau proses menyusui bayi yang dilakukan Bunda sesaat setelah melahirkan bayi. Dalam proses ini, bayi dibiarkan mencari puting payudara Bunda secara alamiah tanpa disodorkan.

Usai mendapatkan IMD, satu jam kemudian bayi akan melakukan berbagai macam pemeriksaan. Mulai dari pemeriksaan fisik hingga pencatatan dan pelaporan.

Melansir dari website resmi Kementerian PANRB, pemeriksaan fisik dilakukan dari ujung kepala hingga ujung kaki untuk mengetahui apakah bayi mengalami kecacatan. Setelahnya bayi melakukan pengukuran atropometri.

Petugas kesehatan kemudian akan melahirkan pemberian salep antibiotika pada kedua mata bayi. Setelahnya, bayi akan mendapatkan suntikan vitamin K di paha kiri dengan doses 1 mg/IM

Prosedur cap kaki bayi

Berikut prosedur yang dilakukan pihak pelayanan persalinan saat akan melakukan cap stempel kaki bayi:

  1. Usai mendapatkan vitamin K, satu jam kemudian bayi akan mendapatkan suntikan vaksin HBO untuk mencegah terinfeksi hepatitis B. Vaksin ini dipercaya bisa mengurangi infeksi hingga 95 persen lho Bunda.
  2. Setelah pemberian vaksin HBO, bayi pun melakukan kegiatan stempel cap kaki. Ketika hasilnya normal, bayi akan kembali disusui oleh sang Bunda, kemudian petugas akan mencatat dan melaporkan hasil pemeriksaan di buku KIA dan register.

Lalu apa yang akan terjadi kalau cap kaki bayi dinyatakan tidak normal? Bayi yang memiliki cap kaki tidak normal berarti memiliki kelainan. Karena itu, bayi harus dirujuk.

Melansir laman US Brith Certificates, beberapa rumah sakit membuat akta kelahiran dengan jejak kaki bayi, Bunda. Jejak kaki ini akan diambil pada satu atau dua jam setelah bayi lahir.

Mengapa sidik jari bayi diambil melalui kaki dan bukan tangan ya, Bunda? Klik baca halaman berikutnya, yuk!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa intip juga video teknik pemijatan bayi mulai dari kaki hingga kepala berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
ALASAN GUNAKAN CAP KAKI BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!