sign up SIGN UP search

parenting

Awal Mula Anak Mona Ratuliu Sadar Alami Mental Health, Kena Panick Attack Sejak SD

Annisa A   |   Haibunda Senin, 22 Aug 2022 04:00 WIB
Kisah Mima Shafa Lawan Depresi caption
Jakarta -

Anak sulung Mona Ratuliu, Davina Shava Felisa tengah berjuang sembuh dari depresi. Gadis yang akrab disapa Mima ini juga harus menghadapi rentetan serangan panik atau panic attack.

Hal itu bahkan telah Mima alami sejak masih di bangku sekolah dasar, Bunda. Serangan panik itu membuatnya kesulitan bernapas. Salah satu momen yang paling dia ingat adalah ketika sedang berkumpul di kamar bersama orang taunya.

"Paling parah waktu itu lagi di kamar Yanda (ayah) sama Bunda, waktu itu Bunda lagi kerja. Tiba-tiba aku merasa kayak berat banget dadanya, abis itu perih banget, kayak enggak bisa napas, seperti ada beban gitu yang ada di dada aku. Terus akhirnya dibawa ke UGD," ungkap Mima di acara Rumpi, dikutip dari kanal YouTube TRANS TV Official.


Tak hanya di rumah, Mima juga mengalami serangan panik ketika sedang bersekolah. Hal itu sangat sering ia rasakan, Bunda. Bahkan dalam seminggu, Mima bisa mengalami serangan panik hingga 2 sampai 3 kali.

Mima mengaku, serangan panik yang terjadi secara mendadak sangat mengganggunya dalam mengikuti pelajaran. Sebab, ia harus bolak-balik dilarikan ke klinik sekolah hingga rumah sakit.

"Di sekolah itu setiap minggu bisa ada serangan panik 2-3 kali. Waktu SMP juga pernah kayak gitu, dibawa bolak-balik ke klinik di tengah pelajaran, aku disuruh keluar untuk napas lah," Mima bercerita.

Ketika mengalami serangan panik, Mima tidak mengerti hal apa yang sedang dilaluinya pada saat itu. Apalagi, kesadaran mengenai kesehatan mental kala itu belum banyak digaungkan di masyarakat seperti sekarang.

"Tapi pada saat itu kan kesadaran kesehatan mental belum ada sama sekali ya, jadi aku sendiri enggak tahu itu serangan kecemasan. Mungkin pada saat itu aku enggak tahu (penyebabnya)," ujarnya.

Melihat putrinya cemas karena ketidaktahuan, Mona Ratuliu sangat merasa khawatir. Ia selalu meminta Mima untuk mengingat hal apa yang memicu serangan paniknya.

"Aku juga bingung kan ya. Mima coba deh diingat-ingat, trigger-nya apa, makan apa, kalau lagi ngapain," kata Mona Ratuliu.

Lantas, bagaimana cara Mima belajar memahami dirinya hingga mampu mengatasi serangan panik? Baca di halaman selanjutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo BankĀ di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang 7 tanda anak mengalami kesepian:

[Gambas:Video Haibunda]



BERJUANG MENGHADAPI PANIC ATTACK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!