sign up SIGN UP search


parenting

Benarkah Kekurangan Zat Besi Bisa Sebabkan Anak Terlambat Bicara? Ini Faktanya

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 12 Sep 2022 22:50 WIB
Mother and toddler wearing red shirt playing together on a bed in the bedroom at home Ilustrasi Kekurangan Zat Besi Sebabkan Terlambat Bicara/Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem
Jakarta -

Pada usia 12 hingga 18 bulan, biasanya bayi mulai mengucapkan kata pertama mereka, Bunda. Namun, benarkah bayi yang kekurangan zat gizi bisa menyebabkan Si Kecil terlambat bicara?

Mengutip laman Children's Health, masa ketika bayi mulai berbicara merupakan masa yang paling menyenangkan dan berharga, Bunda. Bahkan, sejak berusia 3 bulan, bayi mulai mengeluarkan suara, senyuman, hingga dengkuran.

Zat besi sendiri merupakan mineral yang memiliki banyak fungsi. Zat besi bisa membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh dan mendukung kemampuan anak untuk belajar.


Hal yang sama juga diungkapkan langsung oleh Dokter Spesialis Anak, dr. Mira Dewita, Sp.A. Ia mengatakan zat besi yang kurang dapat menyebabkan otak anak menjadi kurang cerdas.

"Sebenarnya zat besi itu salah satu fungsinya membawa nutrisi ke otak. Jadi dia membawa makanan dan oksigen ke otak, tugasnya itu. Jadi kalau zat besinya kurang, berarti makanan dan oksigen yang dibawa kurang, kan? Berarti kalau otaknya kekurangan dia juga bisa jadi kurang cerdas juga," kata dr. Mira pada HaiBunda beberapa waktu lalu.

"Anak bisa bicara selain ada faktor stimulasi, kita juga perlu otak yang cerdas juga, kan?" sambungnya.

Jika anak tak dapat cukup zat besi

Ketika anak tidak mendapatkan zat besi yang cukup, anak mungkin akan mengalami anemia, Bunda. Melansir laman CDC, anemia terjadi ketika tidak ada cukup sel darah merah dalam tubuh atau kemampuan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh menurun.

Untuk mendapatkan zat besi, anak harus mengikuti setiap tahapan perkembangannya. Bayi yang diberi ASI, susu formula, atau campuran ASI dan susu formula tentu memiliki kebutuhan zat besi yang berbeda.

Selain mendapatkan cukup zat besi, lantas apa lagi yang harus dilakukan untuk melatih anak berbicara ya, Bunda? Klik baca halaman berikutnya untuk melihat penjelasannya, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa simak juga video cara mencegah anemia pada ibu hamil berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MELATIH ANAK BERBICARA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!