sign up SIGN UP search

parenting

4 Aturan Pemberian Makanan Pencegah Stunting untuk Balita, Perhatikan Bun!

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 25 Jan 2023 07:55 WIB
Broken egg shells at the background IlustrFoto: Getty Images/iStockphoto/svehlik
Jakarta -

Setiap orang tua pasti ingin anak-anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya. Sayangnya, beberapa anak memiliki masalah adalah perkembangannya sehingga terlihat lebih pendek daripada anak seusianya.

Kondisi ini dinamakan stunting, Bunda. Stunting merupakan permasalahan gizi kronis yang umumnya dialami oleh balita. Meski begitu, stunting bisa terjadi ketika janin masih dalam kandungan.

Anak yang mengalami stunting tak hanya akan terpengaruh kondisi fisiknya saja. Menurut dokter spesialis anak, Dr. Dian Sulistya Ekaputri, Sp.A, anak yang mengalami stunting juga akan berisiko terkena penyakit degeneratif dan menghambat perkembangan otak.


"Anak yang alami stunting akan lebih rentan terkena penyakit dan saat dewasa berisiko terkena penyakit degeneratif (semisal penyakit jantung, rematik, pengeroposan tulang, dll). Selain itu, stunting juga berdampak pada terhambatnya perkembangan otak dan fisik anak," katanya pada HaiBunda.

Makanan pencegah stunting untuk balita

Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi oleh balita agar terhindar dari stunting, Bunda. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasannya:

1. Lauk pauk mengandung protein

Mendapatkan cukup protein setiap harinya sangat penting untuk kesehatan anak, Bunda. Protein dapat memberikan struktur dan dukungan pada sel yang sangat penting bagi kekebalan, gerakan, hingga hormon.

Melansir dari laman Healthline, protein tidak hanya baik untuk kesehatan, namun juga makronutrien yang mengenyangkan. Mengonsumsi protein bisa membantu mendukung berat badan anak secara sehat.

Berbagai lauk pauk mengandung protein tinggi bisa dijadikan pilihan dalam menu makanan anak untuk cegah stunting. Misalnya seperti telur, dada ayam, keju, ikan salmon, hingga dada kalkun.

Kalau ingin, Bunda juga bisa berikan anak selai kacang, almond, biji labu, susu, hingga greek yogurt, sebagai camilannya.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat deret makanan untuk cegah stunting yang lainnya, ya!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
MAKANAN PENCEGAH STUNTING UNTUK BALITA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!