sign up SIGN UP search


parenting

Tips Keamanan Digital untuk Anak, Aktifkan Fitur Pengawasan di Instagram Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Kamis, 15 Sep 2022 04:00 WIB
Little Chinese girl using smart phone and sitting on the floor Ilustrasi Tips Keamanan Digital untuk Anak di Instagram/Foto: iStock
Jakarta -

Penggunaan media sosial pada anak terkadang membuat para orang tua khawatir, Bunda. Namun, kini Instagram telah mengembangkan fitur pengawasan yang memungkinkan Bunda terhubung dengan akun mereka.

Pada Selasa (13/9/2022), Instagram bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) Republik Indonesia untuk meluncurkan kampanye #AnakIndonesiaAmanDigital, Bunda. Bersamaan dengan itu, Instagram juga meluncurkan fitur keamanan baru yakni Pengawasan di Instagram.

Fitur Pengawasan di Instagram adalah fitur yang memungkinkan orang tua untuk menghubungkan akun Instagram-nya dengan akun Instagram Si Kecil. Setelah keduanya terhubung, Bunda bisa mengatur durasi waktu pemakaian Instagram untuk mereka.


Tak hanya itu, mengutip dari rilis yang diterima HaiBunda, fitur ini juga bisa membuat Bunda bisa melihat daftar akun-akun yang diikuti oleh anak. Ketika anak melaporkan sebuah akun atau konten tertentu, nantinya Bunda juga akan mendapatkan notifikasi.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Bunda perlu mengirimkan undangan terlebih dahulu ke akun Si Kecil atau sebaliknya. Jadi, fitur ini tidak bisa diaktifkan secara sepihak, ya.

Menteri PPPA, Bintang Puspayoga menyambut baik adanya fitur Pengawasan di Instagram. Ia turut mengajak seluruh pihak untuk meningkatkan keamanan anak di ruang digital, Bunda. Mereka juga ingin para orang tua turut mendampingi anak-anaknya dalam mengonsumsi konten-konten yang positif.

"Kami mengajak seluruh pihak untuk meningkatkan keamanan anak di ruang digital. Bagi orang tua, dampingilah perjalanan anak-anak di media sosial, pastikan anak mengonsumsi konten-konten yang positif. Penting bagi orang tua untuk memposisikan anak sebagai partner diskusi yang setara, sehingga mereka dapat memahami sisi positif dan negatif dari media sosial," katanya dikutip dari rilis.

Fitur Pengawasan di Instagram akan mulai diluncurkan untuk semua pengguna di Indonesia di aplikasi Instagram versi terbaru, Bunda. Bunda bisa men-download aplikasi Instagram di Play Store atau App Store minggu ini.

Selain Pengawasan di Instagram, ada pula fitur Instagram lain yang bisa digunakan untuk menjaga anak selama bermain Instagram nih, Bunda. Klik baca halaman berikutnya untuk melihat deretannya, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa saksikan lagi video rekomendasi tontonan anak di YouTube yang bisa membuat anak lebih pintar berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



FITUR AGAR ANAK AMAN MAIN IG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!