sign up SIGN UP search


parenting

Puluhan Anak Meninggal Diduga Terkait Paracetamol, WHO Ungkap Faktanya

ANNISAAFANI   |   Haibunda Kamis, 15 Sep 2022 16:30 WIB
Ilustrasi anak dirawat di rumah sakit Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/kan2d
Jakarta -

Ada kejadian tak terduga yang dialami oleh anak-anak di Gambia, Afrika Barat. Puluhan anak di sana dilaporkan meninggal dunia.

Otoritas setempat menduga laporan kematian tersebut berkaitan dengan sirup paracetamol. Akibatnya, kini seluruh importir dan toko-toko yang menyediakan obat tersebut diminta menangguhkan penjualan.

Dikutip dari Reuters, tidak disebutkan merek paracetamol apa. Kamis lalu, kepala layanan kesehatan negara Afrika Barat itu melakukan penyelidikan setelah lonjakan kasus cedera ginjal akut di antara anak-anak. Penyelidikan dilakukan pada anak-anak berusia di bawah usia lima tahun pada akhir Juli lalu.


Regulator obat-obatan, yang dikenal sebagai Medicines Control Agency (MCA) mengatakan tidak ada cukup data untuk menjamin larangan umum penggunaan sirup paracetamol. Sirup paracetamol menjadi obat penghilang rasa sakit yang sering digunakan untuk mengobati demam pada anak.

Pada puluhan kasus kematian anak, gejala yang dikeluhkan sebelumnya meliputi kesulitan buang air kecil, demam dan muntah yang dengan cepat memicu gagal ginjal.

Itu tidak menyebutkan merek tertentu, tetapi mengatakan beberapa sampel telah dikirim ke luar negeri untuk pengujian kontrol kualitas.

Pekan lalu, pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kematian puluhan anak di Afrika Barat tidak menunjuk ke paracetamol, tetapi ke sumber infeksi seperti air yang tercemar. Meski begitu, menurut WHO ada banyak pertanyaan yang belum terjawab. Sehingga, diharuskan untuk melakukan penelitian lanjut.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 


Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga dosis dan efek samping paracetamol untuk ibu menyusui dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!