sign up SIGN UP search


parenting

5 Jenis Baju Adat Betawi, Ketahui Perbedaan Jenis dan Fungsinya Bun

Kinan   |   Haibunda Rabu, 21 Sep 2022 22:30 WIB
Ondel-ondel is a form of folk performance using large puppets. It originated from Betawi, Indonesia and is often performed in festivals. The word ondel-ondel refers to both the performance and the puppet. Ilustrasi 5 Jenis Baju Adat Betawi, Ketahui Perbedaan Jenis dan Fungsinya Bun. Foto: Getty Images/benito_anu
Jakarta -

Baju adat Betawi ada beraneka ragam, masing-masing jenis memiliki fungsi dan keunikannya tersendiri. Sudah tahukah Bunda apa saja nama-nama baju adat Betawi?

Seperti dikutip dari buku Gado-gado Betawi: Masyarakat Betawi dan Ragam Budayanya, pakaian khas masyarakat Betawi terdiri dari beragam jenis. Ada pakaian sehari-hari, pakaian kebesaran, baju adat, hingga pakaian pengantin.

Meski berbeda-beda jenis, ada beberapa kesamaan dari baju adat Betawi, Bunda. Salah satunya memiliki ciri khas warna yang mencolok dan dilengkapi dengan berbagai aksesoris pendukung.


Kendati demikian, ada pula beberapa baju adat Betawi yang tetap nyaman untuk digunakan sehari-hari. Sebagian jenis pakaian adat Betawi memiliki pengaruh dari budaya lain, misalnya dari Tiongkok, Arab, dan juga Melayu.

Ragam jenis baju adat Betawi

Seperti disebutkan sebelumnya, beda jenis biasnaya akan berbeda pula fungsi dari baju adat tersebut.

Nah, berikut beberapa jenis baju adat Betawi yang cukup populer digunakan dalam berbagai kesempatan:

1. Kebaya Encim

Kebaya Encim menjadi salah satu baju adat Betawi yang paling terkenal. Baju kebaya ini biasanya memiliki warna terang, dikombinasikan dengan bawahan kain batik yang berwarna mencolok juga.

Bagian leher kebaya Encim membentuk huruf V, dengan bagian tengah meruncing ke bagian bawah. 

Sering kali penggunaan Kebaya Encim juga dilengkapi dengan selendang berwarna senada dan kerudung sebagai penutup kepala.

Saat budaya Eropa masih memiliki pengaruh kuat di Batavia (atau Jakarta), pakaian ini terbuat dari kain berbahan lace atau brokat. Kemudian akan dikombinasikan dengan bordiran penduduk lokal.

Hasilnya, kebaya akan tampak seperti langsung dibordir. Biasanya bordiran tersebut bermotif bunga di bagian bawah kebaya. Demikian dikutip buku Ensiklopedi Pakaian Nusantara: DKI Jakarta hingga Kalimantan Tengah.

2. Baju Pangsi

Baju adat Betawi yang biasanya digunakan oleh para jawara zaman dahulu yakni Baju Pangsi. Baju adat ini terdiri dari Baju Tikim dan Celana Pangsi. 

Bajunya memiliki bentuk leher bulat seperti huruf O dan berlengan panjang. Ukuran baju ini juga lebih longgar dibandingkan ukuran tubuh pemakainya.

Saat memakai Baju Pangsi, biasanya kaum pria akan menggunakan kaus putih polos sebagai lapisan dalam.

Intip informasi lebih lengkap tentang ragam pakaian adat khas Betawi di halaman selanjutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video merek pasta gigi anak yang bisa jadi referensi Bunda berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BAJU ADAT BETAWI LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!