sign up SIGN UP search


parenting

Kapan Bayi Bisa Melihat Jelas? Ini Perkembangan Penglihatan Usia 0-2 Tahun

Kinan   |   Haibunda Rabu, 21 Sep 2022 14:36 WIB
Ilustrasi Bayi Baru Lahir Ilustrasi Kapan Bayi Bisa Melihat Jelas? Ini Perkembangan Penglihatan Usia 0-2 Tahun. Foto: Getty Images/iStockphoto/tacstef
Jakarta -

Kemampuan penglihatan bayi pada dasarnya akan berkembang seiring waktu, tidak dalam proses singkat. Nah, lalu sebenarnya kapan bayi bisa melihat dengan jelas?

Dikutip dari Baby Center, bayi sebenarnya sudah dapat melihat sejak lahir, meskipun pada awalnya penglihatan bayi masih agak kabur. Bahkan faktanya, bayi sudah mulai melihat sejak di dalam rahim, tepatnya di usia kehamilan 27 minggu.

Bayi baru lahir memang belum dapat melihat dengan jelas, tetapi mereka dapat melihat cahaya, wajah dan bentuk objek yang besar, serta adanya gerakan. 


Secara fisik, mata bayi saat lahir sebenarnya mampu melihat dengan baik, tetapi otak mereka belum siap untuk memproses semua informasi visual itu.

Penglihatan bayi secara bertahap akan meningkat secara pesat, terutama di usia 1 tahun pertamanya. Tentang kapan bayi bisa melihat jelas, jawabannya rata-rata saat mereka berusia 8 bulan.

Tahapan kapan bayi bisa melihat dengan jelas

Rata-rata saat bayi sudah berusia 3 hingga 4 bulan, mereka sudah dapat membedakan antara warna dan fokus pada objek yang ukurannya lebih kecil. 

Jika bayi tidak melihat benda bergerak, atau jika ia tampak kesulitan menggerakkan satu atau kedua matanya ke segala arah saat ia berusia 4 bulan, lakukan konsultasi ke dokter. 

Berikut ulasan tentang tahapan kapan bayi bisa melihat dengan jelas, Bunda:

1. Usia baru lahir hingga 4 bulan

Dikutip dari American Optometric Association, saat lahir penglihatan bayi dipenuhi dengan segala macam rangsangan visual. Meskipun mereka mungkin dapat melihat dengan seksama pada objek yang kontras, namun bayi belum mampu memproses visual tersebut.

Di rentang usia ini, fokus utama penglihatan bayi berada pada objek berjarak sekitar 20-25 cm dari wajah mereka. 

Pada bulan-bulan pertama kehidupannya, kemampuan penglihatan bayi meningkat dengan cepat. Koordinasi mata-tangan mulai berkembang, misalnya dengan keinginan untuk meraih benda di dekatnya.

2. Usia 5 hingga 8 bulan

Selama rentang usia ini, kontrol gerakan mata dan keterampilan koordinasi mata-tubuh bayi terus meningkat.

Persepsi kedalaman, yang merupakan kemampuan untuk menilai apakah objek lebih dekat atau lebih jauh dari objek lain, tidak ada saat lahir. Baru saat bayi memasuki usia 5 bulan, matanya mampu berproses membentuk pandangan dunia tiga dimensi dan mulai melihat secara mendalam.

Meskipun penglihatan warna bayi tidak sesensitif orang dewasa, tetapi diyakini bahwa kapan bayi bisa melihat warna yakni pada usia 5 bulan.

Sebagian besar bayi juga sudah mulai merangkak pada usia sekitar 8 bulan, yang membantu mengembangkan koordinasi mata-tangan-kaki-tubuhnya lebih lanjut. 

Jadi kapan bayi bisa melihat jelas? Adakah tanda gangguan penglihatan yang perlu diwaspadai orang tua? Simak di halaman selanjutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video serba-serbi imunisasi PCV yang sudah diberikan gratis oleh pemerintah:

[Gambas:Video Haibunda]



TANDA-TANDA MASALAH PENGLIHATAN PADA ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!