sign up SIGN UP search

parenting

Biaya dan Simulasi Asuransi Kesehatan Anak, Berapa Modal Awalnya?

Mutiara Putri   |   Haibunda Sabtu, 01 Oct 2022 15:00 WIB
Little girl receiving a check up from her Doctor caption
Jakarta -

Asuransi kesehatan merupakan salah satu investasi yang baik untuk seluruh orang, tak terkecuali anak-anak, Bunda. Asuransi kesehatan dapat memberikan jaminan perlindungan kepada anak baik dalam bentuk biaya medis, pengobatan, bedah, dan sebagainya.

Menurut seorang Financial Planner dari Finante.id, Defanya Aprechita, CFP, asuransi kesehatan tak hanya bisa memberikan perlindungan dalam bidang kesehatan, lho. Asuransi kesehatan ini juga bisa membantu Bunda terhindar dari risiko kebangkrutan, sehingga memiliki keuangan rumah tangga yang stabil.

"Asuransi kesehatan sangat penting untuk bisa menghindarkan kita dari resiko kebangkrutan dan juga tentunya proses pengobatan akan lebih efektif supaya kita tidak perlu pusing memikirkan biayanya karena sudah ada pihak asuransi yang menjamin biaya-biaya pengobatannya," kata Defanya pada HaiBunda, baru-baru ini.


Manfaat asuransi kesehatan bagi anak sama dengan yang didapatkan oleh orang dewasa. Meski begitu, beberapa perusahaan menargetkan umur anak sebagai salah satu syarat pengajuan asuransi, Bunda.

"Beberapa perusahaan juga menargetkan umur tertentu pada anak untuk pengajuan asuransi kesehatan," ungkap wanita yang juga menggeluti dunia seni ini.

Lebih lanjut, Defanya mengaku biaya yang harus dikeluarkan untuk premi asuransi kesehatan anak cenderung lebih mahal, Bunda. Hal ini karena tingkat risikonya jauh lebih tinggi dibandingkan orang dewasa.

"Premi asuransi kesehatan anak cenderung lebih mahal daripada premi asuransi kesehatan untuk orang dewasa muda, dikarenakan tingkat resiko kesehatan yang lebih sering terjadi dibandingkan orang dewasa," tuturnya.

Tak hanya itu, besaran premi yang harus Bunda bayarkan juga beragam. Hal ini tergantung pada usia, fasilitas, dan kondisi anak.

"Besaran premi dari berbagai perusahaan asuransi pun bermacam-macam tergantung dari usia masuk anak, fasilitas apa saja yang ingin didapatkan, dan kondisi kesehatan anak tersebut saat akan diproteksi," ungkap Sarjana Ekonomi dari Universitas Katolik Parahyangan ini.

Lantas seperti apa tahapan-tahapan pendaftaran anak ke sebuah asuransi kesehatan? Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa intip juga video tips memilih asuransi kesehatan untuk keluarga berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TAHAPAN PEMBUATAN ASURANSI KESEHATAN ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!