sign up SIGN UP search

parenting

5 Makanan yang Mempercepat Penyembuhan Batuk pada Anak

Meita Fajriana   |   Haibunda Senin, 14 Nov 2022 21:40 WIB
5 Makanan yang Mempercepat Penyembuhan Batuk pada Anak Ilustrasi 5 Makanan yang Mempercepat Penyembuhan Batuk pada Anak. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Batuk merupakan penyakit umum yang sering dialami anak-anak dan terkadang membuat kewalahan. Terlebih di saat sekarang penggunaan obat batuk sirup yang terbatas.

Jangan panik dulu ya, Bunda bisa memberikan Si Kecil perawatan dengan makanan yang mempercepat penyembuhan batuk. Apa saja makanan tersebut?

Melansir dari laman Healthline, saat anak sakit flu, demam, diare, hingga batuk dan sakit tenggorokan, ini terjadi karena sistem kekebalan anak-anak belum sepenuhnya matang sampai mereka mencapai usia tujuh atau delapan tahun, Bunda. Sehingga mereka masih cukup rentan terhadap penyakit terlebih, ketika anak sudah mulai sekolah. 


Nutrisi memainkan berperan penting dalam memastikan anak-anak tetap terhidrasi dan memiliki sumber energi. Bahkan, makanan tertentu dapat membantu mempercepat pemulihan mereka lho, Bunda.

"Tidak diragukan lagi bahwa kebiasaan tidur yang nyenyak dan pola makan yang sehat adalah dua landasan sistem kekebalan yang dapat bertahan melawan penyakit. Tetapi ada juga makanan dan minuman tertentu yang tampaknya membantu mencegah atau jika anak-anak sudah sakit, membantu mereka merasa lebih baik dengan sedikit lebih cepat," kata Kathy W. Warwick ahli nutrisi anak dan keluarga yang berbasis di Mississippi, Amerika Serikat dikutip dari laman Parents

Jika Si Kecil sedang batuk dan Bunda ingin mencari makanan apa saja yang dapat meredakan gejalanya, coba lima makanan berikut ini Bunda dilansir dari laman Parents. 

Makanan yang dipercaya mempercepat penyembuhan batuk anak

1. Yoghurt

Memberi anak semacam probiotik secara teratur merupakan hal yang baik, terutama selama musim dingin dan flu. Probiotik adalah bakteri menguntungkan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan dengan mengisi saluran pencernaan dan menyingkirkan bakteri jahat yang dapat menyebabkan penyakit.

Sumber makanan probiotik yang bisa Bunda berikan pada Si Kecil saat batuk adalah yoghurt. Bunda juga bisa menanyakan kepada dokter anak tentang suplemen probiotik anak-anak.

2. Ubi jalar

Ubi jalar sarat dengan vitamin A, nutrisi utama untuk sistem kekebalan yang membantu menjaga jaringan di mulut, usus, dan saluran pernapasan tetap sehat. Hanya setengah mangkok ubi yang dimasak memiliki dua kali lipat vitamin A yang dibutuhkan anak-anak setiap hari.

Selain ubi jalar, makanan seperti wortel, paprika merah, mangga, dan aprikot kering juga mengandung vitamin A, Bunda. 

Simak penjelasan lain di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Tonton juga video makanan yang dapat meningkatkan fokus anak berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MAKANAN YANG MEMPERCEPAT PENYEMBUHAN BATUK PADA ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!