sign up SIGN UP search

parenting

Albert Einstein 4 Tahun Belum Bisa Bicara & Benci Sekolah, Begini Parenting Sang Bunda yang Menyelamatkannya

Annisa A   |   Haibunda Jumat, 18 Nov 2022 18:40 WIB
German born American physicist Albert Einstein (1879 - 1955), 1946.   (Photo by Central Press/Getty Images) caption
Jakarta -

Albert Einstein dikenal sebagai tokoh fisikawan teoretis dunia. Semasa hidupnya, ia diakui memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan teori fisika.

Pria berdarah Jerman ini lahir pada 19 Maret 1879 silam. Dengan kemampuan otaknya yang genius, ia mengembangkan dua pilar fisika modern yakni relativitas dan mekanika kuantum.

Dikenal memiliki IQ tinggi, ternyata pencapaian Albert Einstein tak luput dari perjuangan ibunda. Ketika masih kecil, Albert Einstein sempat mengalami masalah tumbuh kembang.


Di usia 4 tahun, Albert Einstein belum bisa berbicara hingga membuatnya kesulitan bersekolah. Hal itu bahkan membuatnya membenci sekolah, Bunda.

Tak kunjung berbicara hingga usia 4 tahun, orang tua Einstein, Hermann Eisntein dan Pauline Koch khawatir telinga Einstein sebenarnya tidak bisa mendengar.

Akan tetapi, Hermann Eisntein dan Pauline Koch tetap bersabar hingga menunggu Albert Einstein mengucapkan kata pertamanya. Meski pada akhirnya sudah bisa berbicara, kecepatan Einstein dalam menuturkan kata-kata dinilai sangat lambat.

Sang Bunda, Pauline, tetap bersikap tenang dan mengambil langkah bijak. Ia membantu Eisntein dengan melafalkan kata demi kata dengan sabar. Kesabaran inilah yang membantu membentuk karakter Eisntein hingga dewasa.

Sebelum tumbuh menjadi sosok pemuda genius, Albert Einstein juga pernah melewati masa-masa sulit di sekolah. Ia kerap menghadapi masalah akademis dan menjadi siswa yang menempati urutan terbawah di kelasnya.

Tak hanya itu, Albert Einstein kesulitan menyesuaikan diri dengan peraturan sekolah yang ketat. Ketika belajar, ia pun hanya sebatas menghafal pelajaran yang diberikan oleh guru.

Kesulitan Einstein dalam mencerna materi sekolah membuat rasa benci tumbuh di hatinya. Bagi Einstein, tidak ada tempat yang paling dibencinya melebihi sekolah.

Albert Einstein kerap dicap sebagai anak bodoh dengan intelijensi yang rendah oleh gurunya sendiri. Ia juga tidak dapat beradaptasi dengan baik di sana sehingga sering menjadi sasaran bullying.

Ibunda menjadi sosok yang selalu menguatkan hati sang putra setiap kali Einstein pulang sekolah. Ia tak pernah bosan memberikan semangat.

"Kau memiliki sesuatu yang hebat dalam dirimu yang tidak dimiliki orang lain. Kau akan menjadi orang hebat," tutur Pauline seperti diceritakan dalam buku Tak Masalah Menjadi Orang Yang Berbeda yang ditulis oleh Kim Doo Eung.

"Kau akan menjadi orang yang lebih hebat daripada yang lain," ujarnya.

Lanjutkan membaca di halaman selanjutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video tentang 7 tanda Si Kecil berpotensi cerdas:

[Gambas:Video Haibunda]



PESAN IBUNDA UNTUK ALBERT EINSTEIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!