sign up SIGN UP search

parenting

10 Ide Permainan Sensorik dan Motorik Anak 9 Bulan untuk Tingkatkan Kecerdasan

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 18 Nov 2022 18:05 WIB
Cute little Asian 18 months / 1 year old toddler boy play with educational colorful plastic pyramid toy / stacking ring toy in living room, Early Childhood Development of Fine Motor Skills concept caption
Jakarta -

Bayi berusia 9 bulan sangat ingin menjelajahi dunia sekitar. Mereka membutuhkan bantuan untuk menjadi berkembang, terampil secara bahasa, dan memiliki kecerdasan sosial serta emosional.

Seorang Spesialis Penjangkauan dan Pendidikan di University of Washington, Elizabeth Zack, PhD, mengungkapkan anak berusia 9 bulan kebanyakan memiliki keterampilan motorik seperti merangkak, menarik untuk berdiri, dan menjelajahi berbagai macam furnitur. Hal ini sangat berguna untuk mengeksplorasi hal-hal baru.

"Mereka dapat berpindah ke objek atau mainan yang ingin mereka mainkan daripada harus menunggu seseorang untuk memainkannya. Bawa mainan lebih dekat ke mereka dan ini akan membuka cara baru bagi mereka untuk bermain," ungkapnya dilansir laman Verywell Family.


Ketika Bunda ingin membelikan mainan untuk anak berusia 9 bulan, ingatlah bahwa pada usia ini, keamanannya adalah yang terpenting karena mereka senang memasukkan barang ke dalam mulutnya.

10 ide permainan sensorik dan motorik anak 9 bulan

Ada beberapa ide permainan sensorik dan motorik yang bisa Bunda berikan pada anak. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini deretannya:

1. Mainan cangkir bertumpuk

Cangkir bertumpuk yang sederhana ini biasanya memiliki angka tersembunyi di bagian alasnya. Tak hanya menyenangkan, permainan ini dapat melatih keterampilan berhitung dan mengenalkan anak dengan angka seiring dengan bertambahnya usia.

Melansir laman Verywell Family, Bunda bisa berikan anak mainan cangkir bertumpuk dengan warna-warna yang cerah. Agar semakin menyenangkan, bawa mainan ini ketika mereka mandi.

2. Blok warna-warni

Meskipun Si Kecil mungkin belum siap untuk membangun menara dengan balok kayu, set balok warna-warni dengan tekstur di setiap sudutnya bisa membantu tumbuh kembang anak di usia 9 bulan. Balok-balok ini memiliki inti yang saling terkait sehingga tetap berada pada tempatnya.

Mainan ini bisa digunakan Si Kecil untuk membangun sesuatu dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan. Meskipun balok ini cukup kecil digunakan untuk melatih keterampilan motorik halus, mainan ini cukup aman untuk dimainkan.

3. Oball classic ball

Desain bola yang satu ini sedikit berbeda dengan bola pada umumnya. Oball classic memudahkan bayi segala usia untuk bermain dengan lebih menyenangkan.

Mainan yang satu ini bisa membantu Si Kecil belajar menggenggam dan menangkap. Bola ini memiliki 32 lubang besar yang mudah dipegang dan terbuat dari plastik yang mudah dibersihkan.

4. Menyortir bentuk

Ketika kecil, Bunda pernah memainkan permainan shape shorter? Ya, permainan ini adalah permainan menyortir bentuk dasar seperti lingkaran, segitiga, kotak, hingga bintang. Setelah menggenggam salah satu bentuk, anak bisa memasukkannya ke dalam kotak melalui lubang yang sesuai dengan bentuk yang dipilih.

Bayi 9 bulan mampu mencocokkan bentuk dan menyentuh balok sehingga mengenal teksturnya. Di sini, mereka juga mulai bisa mengidentifikasi objek.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat ide permainan lainnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa intip juga video manfaat sensory play untuk Si Kecil berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 7-12 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 7-12 bulan. Cek Yuk arrow-right
IDE PERMAINAN SENSORIK ANAK 9 BULAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!