sign up SIGN UP search


parenting

5 Ide Permainan Sensorik yang Dilakukan Rayyanza Cipung, Gampang Dibuat di Rumah

Mutiara Putri   |   Haibunda Kamis, 15 Sep 2022 13:30 WIB
Hal itu membuat para warganet merasa gemas dengan ekspresi natural yang dilakukan Rayyanza. Tak jarang beberapa warganet merasa sudah melihat ‘bibit artis’ dari Rayyanza karena bayi tersebut memiliki banyak mimik muka yang menggemaskan. Ide Permainan Sensorik ala Rayyanza Cipung/Foto: Instagram @raffinagita1717
Jakarta -

Ketika baru lahir, kelima indera bayi belum bekerja sepenuhnya, Bunda. Karena itu, Bunda perlu melatihnya dengan berbagai macam rangsangan seperti permainan sensorik atau sensory play.

Salah satu anak artis yang kerap melatih indera dengan sensory play adalah Rayyanza Malik Ahmad atau yang akrab disapa Cipung. Permainan sensorikĀ ini pun diawasi langsung oleh sang pengasuh, Rini Perdiyanti.

Mengutip laman Healthline, indera yang paling umum adalah perasa, penciuman, penglihatan, sentuhan, dan pendengaran. Karena itu, sebagian besar sensory play berfokus pada kelima indera ini.


Manfaat sensory play

Sensory play sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang Si Kecil, Bunda. Mengutip dari laman Cleverland Clinic, berikut ini deretan manfaatnya:

1. Membantu keterampilan motorik kasar

Keterampilan motorik kasar yaitu kemampuan duduk, merangkak, melompat, dan berlari. Keterampilan ini melingkupi semua aktivitas yang menggunakan otot besar tubuh anak di lengan, kaki, dan area perut. Sensory play dapat membantu anak yang baru belajar berjalan atau sedang mencoba melempar bola.

2. Menumbuhkan interaksi sosial

Dengan terlibat dalam sensory play dengan saudara kandung atau teman sebaya, anak Bunda mulai mengembangkan keterampilan sosialnya. Mereka akan belajar cara berkomunikasi, cara memecahkan masalah, dan belajar beradaptasi dengan cara orang lain bermain.

3. Membantu keterampilan bahasa

Keterampilan bahasa anak berkembang secara alami melalui sensory play. Ketika seorang anak berpartisipasi dalam segala jenis permainan, termasuk sensorik, mereka belajar melalui pengalaman di lingkungan dan mempelajari berbagai cara untuk mengomunikasikan emosi, keinginan, dan kebutuhannya.

Ide permainan sensori ala Rayyanza Cipung

Melihat dari laman Instagram @riniperdiyanti, Cipung kerap memainkan permainan sensorik dengan alat yang sederhana, Bunda. Kalau penasaran, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

1. Bihun warna-warni

Dalam salah satu video Reels di Instagram, Rayyanza tampak asyik bermain dengan bihun nih, Bunda. Uniknya, bihun ini dibuat berwarna-warni.

"Sebelum mandi Rayyanza main ini dulu yah. Namanya bihun dikasih pewarna yang pastinya aman buat ade," tulis Rini.

2. Bermain di rumput

Ternyata Rayyanza tak hanya bermain dengan sensory play di dalam rumah nih, Bunda. Sang pengasuh juga kerap membawa Rayyanza menginjak rumput tanpa menggunakan alas kaki, lho.

"MasyaAllah, hari ini sensory Rayyanza main di rumput. Geli-geli gitu kan, dek?" tutur Rini.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video mainan anak yang bikin happy saat mandi berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



IDE SENSORY PLAY ALA RAYYANZA CIPUNG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!