sign up SIGN UP search


parenting

7 Ide Montessori di Rumah untuk Anak Usia 3 Tahun Bikin Anak Jadi Mandiri

Kinan   |   Haibunda Selasa, 14 Jun 2022 11:40 WIB
Cute child help mom cleaning glass table. Little girl make cleaning in room at home. caption
Jakarta -

Permainan montessori tak melulu harus menggunakan barang-barang mahal, lho. Bunda juga bisa memanfaatkan benda yang ada di rumah untuk ide montessori.

Pada dasarnya, montessori adalah metode yang mengajarkan anak kebebasan dalam melakukan beragam aktivitas. Metode montessori fokus pada pembelajaran langsung. Penekanannya lebih pada pembelajaran konkret, bukan abstrak.

Penggunaan metode montessori untuk pembelajaran anak diharapkan dapat membuatnya tumbuh menjadi sosok yang mandiri. Apa saja ide montessori di rumah untuk anak usia 3 tahun?


Dikutip dari buku Montessori di Rumah: 55 Kegiatan Keterampilan Hidup yang ditulis oleh Elvina Lim Kusumo, berikut pilihannya:

1. Memindahkan kancing menggunakan telapak tangan

Tujuan: 
Meningkatkan kemampuan motorik halus, serta mengasah kemampuan koordinasi mata dan tangan.

Langkah kegiatan:
Posisikan mangkuk di meja, dengan mangkuk berisi kancing di sebelah kiri dan mangkuk kosong di sebelah kanan. Ajak Si Kecil memperhatikan Bunda mencontohkan cara mengambil segenggam kancing dari mangkuk dengan tangan dominan.

Angkat tangan Bunda, lalu pindahkan ke tengah secara perlahan, lalu ke mangkuk yang kosong. Pastikan mangkuk kosong tertahan oleh genggaman tangan yang tidak dominan.

Setelah itu, lepaskan genggaman agar kancing-kancing tersebut jatuh ke dalam mangkuk kosong. Lanjutkan hingga seluruh kancing selesai dipindahkan.

Banner Mesin Cuci di Bawah Harga Rp2 Juta

2. Memindahkan air menggunakan spons

Tujuan:
Mengasah kemampuan motorik halus, meningkatkan koordinasi mata dan tangan, dan meningkatkan kekuatan otot tangan untuk pincer grasp.

Pincer grasp adalah kemampuan anak menggunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk mengambil benda kecil.

Langkah kegiatan:
Gunakan dua wadah yang identik dan air berwarna, tujuannya supaya lebih mudah terlihat dan menarik untuk anak. Letakkan spons di wadah berisi air, lalu peras menggunakan kedua tangan di wadah yang kosong.

3. Membersihkan tumpahan air

Tujuan:
Mengasah kemampuan motorik halus, serta mengasah kemampuan koordinasi mata dan tangan. Kegiatan ini juga mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan dan tanggung jawab.

Langkah kegiatan:
Sedikit demi sedikit, tuang air ke tatakan kedap air. Berikan contoh untuk membersihkan tumpahan air tersebut. Letakkan spons di area tumpahan dan biarkan spons menyerap sebagian airnya.

Ambil spons dan peras menggunakan kedua tangan hingga air tertampung ke dalam wadah kosong. Ulangi hingga semua air tumpahan terserap.

Setelah itu, letakkan lap kering untuk menutupi seluruh bagian air yang tertumpah, lap dengan gerakan memutar sampai seluruh permukaan kering.

Kemudian bawalah wadah dan lap ke wastafel bersama-sama, bersihkan dan keringkan wadah tersebut. Ajak juga si Kecil untuk menaruh lap yang telah digunakan ke tempat cucian kotor.

Baca ide montessori lainnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video 7 ide permainan yang bikin anak happy saat mandi berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BERLATIH MENGGUNAKAN SAPU KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!