sign up SIGN UP search


parenting

Kisah Bunda Tetap Tenang saat Hidung Anak Kemasukan Kancing, Kok Bisa?

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 23 Nov 2022 15:40 WIB
Portrait of cut Asian girl blowing snot into the napkin with her mother is keeping it near her nose with care. Visuals of people feeling sick and suffering from common ailments such as the flu, headaches. Ilustrasi Hadapi Benda Asing di Tubuh Anak/Foto: Getty Images/iStockphoto/ake1150sb
Jakarta -

Selama masa tumbuh dan kembangnya, anak akan melalui masa di mana mereka akan mengeksplorasi seluruh anggota tubuhnya, Bunda. Di saat-saat tertentu, anak bahkan akan memasukkan berbagai macam benda asing ke dalam tubuh seperti mulut, hidung, hingga telinga.

Hal ini turut terjadi pada seorang Bunda bernama Zoelle Karlie. Belum lama ini, ia membagikan kisah ketika mendapati hidung sang anak kemasukan sebuah kancing berukuran kecil.

Dalam video yang ia posting di akun TikTok @zoellekarlie, Zoelle terlihat sangat tenang ketika mengeluarkan kancing tersebut. Sebelumnya, HaiBunda sudah menghubungi Zoelle dan diperbolehkan untuk mengutip kisahnya ini, Bunda.


Zoelle membuat video ini untuk berjaga-jaga jika kancing tak bisa keluar dari hidung sang anak. Bunda satu anak ini pun menceritakan cara mengeluarkan kancing tahap demi tahap.

"Tahap pertama Mamak harus tenang dan lebih kuat biar bisa cari solusi. Kancingnya sudah agak dalam jadi gak bisa diambil pakai tangan," katanya dikutip HaiBunda pada Selasa (22/11/2022).

Setelahnya, Zoelle meminta sang anak untuk mengendus-endus agar kancing lebih mudah dikeluarkan. Pada saat ini, Bunda juga perlu menenangkan Si Kecil dan minta mereka mengikuti apa yang Bunda perintahkan.

"Suruh dia ngendus-ngendus biar bantu kancing lebih turun keluar. Ajak anaknya tetap tenang dan ikutin instruksi," paparnya.

Setelah kancing keluar dari hidung anak, Zoelle pun segera menasihati sang anak. Arahan perlu diberikan tanpa menghakimi Si Kecil ya, Bunda.

"Setelah masalah ditangani, kasih arahan tanpa menghakimi," jelas Zoelle.

Kasus serupa juga pernah ditangani oleh dr Oscar R.Amarta, M.Kes, Bunda. Ia pun memberikan beberapa tips yang harus Bunda lakukan ketika mendapati ada benda asing di dalam tubuh Si Kecil.

Simak penjelasan lengkapnya di laman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa intip juga video mainan yang bikin anak happy saat mandi berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
MINTA ANAK BERNAPAS LEWAT MULUT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!