sign up SIGN UP search

parenting

Benarkah Jalan Nyeker Bisa Atasi Kebiasaan Anak Menolak Makan?

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 28 Nov 2022 17:12 WIB
Father helping his baby boy to make first steps on green grass Ilustrasi Nyeker untuk Atasi Anak Menolak Makan/Foto: iStock
Jakarta -

Anak menolak makan atau gerakan tutup mulut (GTM) merupakan salah satu masalah yang kerap terjadi pada bayi MPASI atau bayi di atas 6 bulan. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan anak GTM karena itu Bunda perlu mencari tahu penyebab dan solusinya.

GTM juga sering disebut sebagai gangguan makan pada anak. Biasanya, anak yang menolak makan memiliki tanda tidak mau makan sama sekali, mengemut, melepeh, dan sebagainya.

Selain itu, anak yang susah makan juga bisa muncul jika Bunda memberi Si Kecil makan dengan cara yang tidak benar. Misalnya saja seperti makan sambil main gadget atau berjalan.


Ada banyak cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi GTM pada anak ini, Bunda. Namun, belum lama ini, disebut bahwa membiarkan anak nyeker atau bertelanjang kaki bisa mengatasi GTM.

Fakta nyeker bisa atasi anak menolak makan

Nyeker memang memiliki banyak manfaat untuk melatih anak berjalan, terutama ketika usianya memasuki 9 bulan, satu tahun, hingga satu setengah tahun. Di bawah usia ini, anak banyak melakukan aktivitas lain seperti tidur, tengkurap, dan duduk.

Dalam hal ini, nyeker bisa membuat anak terstimulasi dan mengenal berbagai macam tekstur. Tak hanya itu, anak juga akan tumbuh menjadi anak yang tidak sensitif.

Meski begitu, Dokter Spesialis Anak, dr. Mira Dewita, Sp.A, menyebut nyeker tidak berhubungan dengan GTM atau anak mogok makan. Saat anak memperlihatkan tanda-tanda GTM, Bunda harus mencari tahu penyebabnya.

"Kalau anaknya GTM, ya harus dicari tahu kenapa GTM. Enggak dihubungkan dengan disuruh jalannya nyeker, enggak sih. Enggak dihubungkan dengan kayak gitu-gitu," katanya pada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

"Tapi kalau anaknya GTM ya dicari tahu kenapa anaknya GTM, dicari penyebabnya apa. Ditelurusin saja. Ngasih makannya enggak enak, ya? Makanya dia enggak mau makan, kan ditutup mulu. Dia tahu nih rasanya enggak enak," sambungnya.

Jika anak mengalami GTM, bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan lengkapnya di laman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video gaya parenting Nikita Willy yang mencuri perhatian publik:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 7-12 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 7-12 bulan. Cek Yuk arrow-right
JANGAN PAKSA ANAK UNTUK MAKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!