sign up SIGN UP search

parenting

6 Tips Kelola Stres Bagi Bunda yang Berprofesi Sebagai Guru

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 28 Nov 2022 19:20 WIB
Asian teacher At preschool Helping Children in Class in class room caption
Jakarta -

Bunda termasuk salah satu wanita yang berprofesi sebagai pahlawan tanpa tanda jasa? Sama seperti pekerjaan lainnya, para guru juga kerap mengalami stres, Bunda.

Kesejahteraan dan kesehatan mental guru adalah hal yang penting. Guru yang berkualitas tentu akan menjadi pembimbing dan role model bagi Si Kecil selama sekolah.

Stres sendiri adalah hal yang sangat manusiawi. Hal ini merupakan kondisi fisik di mana seseorang terpapar sebuah pemicu baik di dalam maupun dari luar.


Hal ini diungkapkan langsung oleh Bagia Arif Saputra, seorang Anger & Stress Management Specialist. Lebih lanjut, ia menjelaskan cara untuk mengatasi stres yang paling mudah adalah dengan mengakuinya.

"Bagi bapak atau ibu guru karena sudah terbiasa jadi sosok yang diandalkan oleh siswa dan orang tua siswa, bapak dan ibu merasa harus menunjukkan sisi yang kuat. (Padalah) Salah satu hal yang bisa dilakukan saat stres adalah mengakui bahwa kita sedang stres," tuturnya dalam acara Sampoerna Academy Workshop Hari Guru: Manajemen Stres untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Guru, Senin (28/11/2022).

Cara guru mengelola stres

Bagia mengungkapkan ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh Bunda dan para guru lain untuk mengelola stres. Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

1. Istirahatkan diri

Sebagai guru, Bunda perlu mengingat bahwa Bunda juga manusia yang kerap mengalami rasa lelah dan bingung. Bunda juga bisa mengalami berbagai macam emosi yang membuat lelah.

"Alih-alih kita menghukum diri, it's okay untuk diri kita istirahat terlebih dahulu. Daripada time out, saya memilih time in, memberikan waktu untuk diri kita sendiri," kata Bagia.

2. Identifikasi penyebab

Setelah mengistirahatkan diri, Bunda dan para guru baru bisa mengidentifikasi hal yang menyebabkan stres.

"Dari situ kita bisa mengidentifikasi apa yang menyebabkan saya menjadi negatif dan memiliki pikiran negatif. Kita bisa merunut benang merah akarnya di mana," papar Bagia.

3. Proses dan mengelola

Setelah mengetahui penyebab stres, selanjutnya pikiran akan memproses dan mengelolanya. Kalau sudah, Bunda dan para guru baru bisa kembali ke aktivitas semula dan menghadapi siswa-siswa.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat tips lainnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa intip juga video daya tingkatkan daya ingat Si Kecil untuk bantu proses mengajar berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENGELOLA STRES BAGI GURU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!