sign up SIGN UP search

parenting

Makan Junk Food Picu Anak Pubertas Dini? Ini Faktanya

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 16 Jan 2023 19:30 WIB
Asian Little Chinese Girl eating hamburger in the outdoor cafe Ilustrasi Junk Food Picu Pubertas Dini/Foto: Getty Images/iStockphoto/kiankhoon
Jakarta -

Anak-anak akan mengalami masa pubertas, Bunda. Masa ini merupakan masa transisi di mana tubuh mengalami perubahan dan perkembangan menjadi dewasa.

Masa pubertas anak perempuan dan laki-laki berbeda-beda. Anak laki-laki umumnya mengalami masa pubertas di usia 9 hingga 14 tahun. Sementara itu, anak perempuan mengalami masa pubertas pada usia 8 hingga 13 tahun.

Ketika anak mengalami menunjukkan tanda-tanda pubertas di usia yang lebih awal, bisa dipastikan mereka mengalami pubertas dini.


Dilansir laman Huffpost, saat ini, Amerika Serikat mencatat sekitar 16 persen anak perempuan warganya memasuki usia pubertas di usia 7 tahun dan sekitar 30 persen pada usia 8 tahun. Sebuah penelitian pun menetapkan jumlah anak yang memasuki pubertas dini ini meningkat tajam di antara tahun 1997 dan 2010.

Banyak yang menyebutkan pubertas dini ini dipicu oleh makanan yang dikonsumsi anak, termasuk junk food atau makanan siap saji. Benarkah hal ini?

Junk food picu pubertas dini

Melansir dari laman The Health Site, peningkatan konsumsi junk food menjadi salah satu penyebab utama obesitas pada anak-anak. Jumlah lemak hewani yang tinggi pun dapat meningkatkan faktor pertumbuhan seperti insulin yang mengarah pada perkembangan pubertas.

Pubertas dini karena junk food umumnya terjadi pada anak-anak yang asupan lemak hewani lebih tinggi antara usia 3 tahun dan 7 tahun.

Anak yang mengalami obesitas akan mempengaruhi sistem hormonalnya, sehingga dapat menyebabkan pubertas dini. Kelebihan lemak atau jaringan adiposa dalam tubuh dapat mengubah kadar estrogen, insulin, dan leptin, sehingga meningkatkan waktu pubertas.

Pastikan anak menghindari daging olahan atau daging merah ya, Bunda. Tak hanya itu, dorong juga anak agar memiliki lebih banyak aktivitas di luar rumah.

Selain junk food, apa lagi yang bisa menyebabkan pubertas dini, ya? Simak selengkapnya di laman berikutnya, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Lihat lagi video ciri anak sedang mengalami masa pubertas berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BAHAN KIMIA LINGKUNGAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!