sign up SIGN UP search

parenting

Minum Air Mineral Bisa Bantu Cegah Diabetes Asal Perhatikan Hal Ini

Erika Dyah   |   Haibunda Sabtu, 14 Jan 2023 09:55 WIB
Ilustrasi wanita minum air putih atau mineral Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/seb_ra
Jakarta -

Rutin minum air mineral memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Termasuk untuk para penderita diabetes yang harus mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis.

Data International Diabetes Federation (IDF) menyebutkan Indonesia berstatus waspada diabetes dan berada di urutan ke-7 dari 10 negara di dunia dengan jumlah pasien diabetes tertinggi setelah China, India, Amerika Serikat, Brazil, Rusia, Mexico. Angka penderita diabetes di Indonesia diprediksi akan terus meningkat, terlebih dengan hadirnya tren minuman manis kekinian saat ini.

Mengutip curalife, orang dengan diabetes membutuhkan lebih banyak konsumsi air mineral daripada yang lain. Sebab ketika kadar gula darah tinggi, ginjal berusaha membuang gula dari tubuh. Dengan meningkatkan asupan air mineral, Anda dapat membantu ginjal membuang gula ekstra dalam aliran darah melalui urin.


Kendati demikian, ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika minum air mineral karena tak semua air mineral sama. Bagi para penderita diabetes atau Anda yang sedang mencegah diabetes, akan lebih baik untuk mengonsumsi air mineral yang mengandung mineral esensial untuk tubuh.

Adapun dua hal yang penting untuk diperhatikan antara lain

Perhatikan Kecukupan Air Mineral

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, rutin konsumsi air mineral dapat bantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Dengan memastikan kecukupannya, Anda tak hanya bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tapi juga bantu menurunkan kadar gula darah dalam batas yang sehat.

Sebuah penelitian di Inggris membuktikan, konsumsi air putih sebanyak 1 liter per hari memiliki risiko diabetes 28% lebih rendah dibandingkan dengan yang minum air putih kurang dari 500 mililiter per hari. Sementara itu, studi lain memperlihatkan rendahnya asupan air putih berkaitan dengan peningkatan kadar gula darah (hiperglikemia) yang dapat mengarah pada diabetes.

Artinya, jika kecukupan air putih terpenuhi, Anda bisa mencegah terjadinya resistensi insulin. Minum air putih secara teratur juga membantu rehidrasi darah, menurunkan kadar gula darah, serta mencegah diabetes. Institute of Medicine merekomendasikan agar pria dewasa minum air mineral sekitar 13 cangkir (3,08 liter) sehari, sedangkan perempuan disarankan minum sekitar 9 cangkir (2,13 liter).

Perhatikan Kualitas dan Kandungan Air Mineral

Selain jumlahnya yang harus diperhatikan, Anda juga mesti memastikan kualitas dan kandungan air mineral yang dipilih. Pasalnya tidak semua air mineral mengandung mineral yang berkualitas.

Adapun salah satu air mineral bisa Anda pilih untuk menjaga kesehatan dan menurunkan risiko diabetes ialah Le Minerale, air mineral dengan kandungan mineral esensial yang penting untuk tubuh.

Le Minerale mengandung mineral esensial dengan komposisi seimbang dan terjaga kualitasnya. Anda dapat melihat sendiri kandungan mineral tersebut dalam nutrition fact yang tertera di balik kemasan, yaitu natrium, kalium, kalsium, magnesium, bikarbonat, dan lain sebagainya.

Mineral-mineral tentu sudah tak asing di telinga Anda, sebab semua mineral tersebut merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Magnesium yang mirip dengan vitamin B7 misalnya, ia berperan dalam metabolisme karbohidrat untuk membuat kerja insulin lebih efektif.


Kadar magnesium pada penderita diabetes cenderung rendah karena ikut dikeluarkan melalui urin saat kadar gula darah tinggi. Untuk mencukupi kebutuhan magnesium, Anda bisa mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam dan kale serta minum air mineral yang mengandung mineral esensial seperti Le Minerale. Dengan cara mudah ini, Anda bisa memastikan kebutuhan magnesium terpenuhi apalagi air mineral merupakan minuman yang paling sering dan paling banyak dikonsumsi dalam keseharian.

Kandungan mineral esensial yang terdapat di dalam Le Minerale ini membuat rasanya lebih segar. Sehingga Anda tidak akan bosan menikmati kesegaran Le Minerale di setiap tetesnya dan bisa lebih menikmati serta mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Le Minerale pun dikemas dengan teknologi terkini untuk memastikan kualitas air mineralnya tetap aman dan terjaga dengan baik. Dengan semakin meningkatnya kasus diabetes yang terjadi, termasuk di kalangan anak muda, yuk lebih perhatikan pola makan dan kandungan makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Dengan demikian, Le Minerale yang memiliki kandungan mineral esensial dapat membantu kita untuk minum lebih banyak, sekaligus mendukung pemenuhan kebutuhan mineral tubuh. Jadi tunggu apa lagi, mulai sekarang Bunda harus cermat memilih air mineral ya!

(akn)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!