sign up SIGN UP search

parenting

Jarak Ideal Antar Anak Pertama dan Kedua Menurut WHO, Ternyata Bukan 2 Tahun Bun

Meita Fajriana   |   Haibunda Kamis, 19 Jan 2023 16:24 WIB
Jarak Ideal Antar Anak Pertama dan Kedua Menurut WHO, Ternyata Bukan 2 Tahun Bun Ilustrasi Jarak Ideal Antar Anak Pertama dan Kedua Menurut WHO, Ternyata Bukan 2 Tahun Bun. Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat
Jakarta -

Memiliki lebih dari satu anak tentu membutuhkan kesabaran dan fleksibilitas yang tinggi ya, Bunda. Untuk itu, Bunda perlu mencari tahu apa yang menjadi nilai-nilai yang diinginkan dalam keluarga. Hal ini akan memengaruhi jawaban kapan harus menambah anggota keluarga. 

Tentu saja ada banyak pro dan kontra untuk setiap kemungkinan tentang jarak anak. Beberapa orang tua lebih suka memiliki anak yang berdekatan, jadi tantangan dan tentunya penuh kegembiraan seperti kurang tidur, toilet training, terrible two, three dan seterusnya hingga masa remaja, terjadi pada saat yang bersamaan.

Keluarga lain menyukai jika jarak antara anak yang lebih besar, sehingga memungkinkan mereka menikmati setiap fase dengan setiap anak. Melansir laman Healthline, selain preferensi, ada juga faktor lain yang dapat memengaruhi keputusan jarak anak Bunda.


Faktor-faktor yang memengaruhi termasuk keuangan, hubungan dengan pasangan, dan masalah kesuburan. Nah, untuk membantu Bunda memutuskan tidak ada salahnya juga dengan mencari tahu dari para ahli medis, sehingga dapat menjadi pertimbangan Bunda dan Ayah.

Lantas kapan jarak ideal antar anak pertama dan anak kedua menurut WHO?

Jarak ideal antar anak menurut WHO

Asosiasi kesehatan dunia World Health Organization (WHO) lewat situs resminya, menyarankan bahwa jarak ideal antar anak adalah minimal 2 tahun 9 bulan.

"Studi telah menunjukkan bahwa interval antar anak yang lebih pendek dari 18 bulan dikaitkan dengan peningkatan risiko pada bayi, termasuk kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, ukuran bayi kecil untuk usia kehamilannya, dan masuk ke NICU," ujar Patrice Harold dokter kandungan dan direktur ginekologi invasif di Rumah Sakit Ibu dan Anak Hutzel di Detroit, Michigan dikutip dari laman Parents.

"Pada studi ini juga ditemukan adanya risiko kesehatan pada ibu hamil dengan jarak anak yang terlalu dekat," lanjutnya.

Hal ini juga diaminkan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang menyarankan para Bunda untuk hamil lagi setelah anak sebelumnya berusia 2 hingga 3 tahun. Jika kurang dari batas minimal, dikhawatirkan dapat berdampak buruk pada kondisi kesehatan Bunda, janin yang dikandung, dan tentunya anak pertamanya.

Mengapa mengatur jarak antar anak menjadi hal penting?

Jarak anak adalah saat orang tua memiliki periode antara kelahiran anak-anak mereka. Jarak anak yang ideal menurut WHO adalah memiliki anak setelah anak pertama berusia 2-3 tahun. 

Salah satu cara mengatur jarak anak alami lain tanpa menggunakan alat kontrasepsi adalah melalui pemberian ASI eksklusif dan menunggu minimal 6 bulan setelah berhenti menyusui sebelum hamil kembali. Oleh karena itu, jarak anak penting karena dua alasan berikut ini:

  • Tubuh seorang Bunda membutuhkan waktu untuk pulih sepenuhnya dari kehamilan dan persalinan sebelumnya. Ibu perlu mendapatkan kembali kesehatan, status gizi dan energinya sebelum hamil lagi.
  • Demi kesehatan Bunda dan anak, seorang wanita harus menunggu hingga anak terakhirnya berusia minimal 2 tahun sebelum hamil kembali.

Simak penjelasan lain di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video kenali tanda stunting pada anak dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
MENGATUR JARAK IDEAL ANTAR ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!