sign up SIGN UP search


parenting

Pilek dan Batuk Anak Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Akibat 'Utang Imun' Nih Bunda

Kinan   |   Haibunda Jumat, 18 Nov 2022 04:00 WIB
Pilek dan Batuk Anak Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Akibat 'Utang Imun' Nih Bunda Ilustrasi Pilek dan Batuk Anak Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Akibat 'Utang Imun' Nih Bunda. Foto: Getty Images/iStockphoto/ake1150sb
Jakarta -

Akhir-akhir ini pilek dan batuk menjadi salah satu keluhan yang umum dirasakan oleh anak-anak, terutama yang sudah mulai rutin sekolah tatap muka. Namun, apakah keluhan batuk anak tak kunjung sembuh?

Selain karena pengaruh musim pancaroba, kondisi ini juga mungkin disebabkan oleh fenomena utang imunitas atau immunity debt nih, Bunda.

Dikutip dari Very Well Family, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Prancis, utang imun disebabkan oleh kurangnya paparan anak terhadap bakteri dan virus biasa. Disebut-sebut efek ini meningkat setelah pandemi COVID-19.


Selama masa pandemi, banyak langkah yang diterapkan untuk menekan penyebaran COVID-19, seperti jaga jarak, rutin cuci tangan, dan sanitasi. 

Nah, selain COVID-19, kondisi ini juga turut membantu menghentikan peredaran penyakit umum lainnya. Termasuk untuk saat ini membuat pilek dan batuk anak tak kunjung sembuh.

Penyebab munculnya fenomena utang imun

Menurut dokter anak Nkeiruka Orajiaka, MBBS, MPH, anak-anak secara alami membangun kekebalan tubuhnya terhadap mikroba, terutama virus, ketika mereka terpapar. 

Hal ini biasanya terjadi dari kontak dekat dengan anak-anak lain. Termasuk di tempat umum, sekolah, atau taman bermain. 

Jadi ketika selama pandemi jaga jarak dan protokol kesehatan diperketat, peningkatan kekebalan tubuh secara alami melalui kontak normal pun turut berhenti.

“Oleh karena itu, sebagian besar anak mengalami utang imun atau kurangnya stimulasi kekebalan karena paparan yang berkurang ini. Anak-anak pun mengalami lonjakan infeksi dan beberapa keluhan umum seperti batuk tak kunjung sembuh," imbuh Orajiaka.

Kendati demikian, sampai saat ini penelitian lebih lanjut masih terus dilakukan terkait fenomena utang imun. Lalu adakah cara-cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kembali sistem imun anak?

Yuk simak di halaman selanjutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video daftar obat sirop yang dicabut izin edarnya oleh Kemenkes:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
BAGAIMANA CARA MENINGKATKAN IMUN PADA ANAK?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!