sign up SIGN UP search


parenting

Jangan Buru-Buru Kasih Obat, Ini 7 Cara Alami Atasi Batuk Pilek pada Anak

Kinan   |   Haibunda Rabu, 15 Jun 2022 18:30 WIB
Anak batuk pilek Ilustrasi cara alami atasi batuk pilek pada anak. Foto: iStockphoto
Jakarta -

Saat Si Kecil terkena batuk pilek, Bunda sebaiknya tidak buru-buru langsung memberikan obat, ya. Ada beberapa cara rumahan yang dapat diterapkan, Bunda.

Jenis penyakit yang kerap dianggap ringan ini mudah menyerang tubuh anak-anak, terutama di musim hujan. Kondisi ini juga lebih sering dialami pada anak yang memiliki riwayat alergi.

Dikutip dari Web MD, batuk merupakan tanda bahwa tubuh sedang berupaya untuk menjaga saluran napas. Menurut The Archive of Disease in Childhood, batuk juga dapat terjadi berdasarkan infeksi bakteri atau saluran napas.


Untuk anak berusia di bawah 2 tahun, batuk pilek sebaiknya diperiksakan ke dokter ya, Bunda. Hindari pemberian obat tanpa resep dokter. 

Seperti disampaikan Fitri R Ghozally dalam bukunya, Mengenal Obat Tradisional, obat tradisional dan alami untuk batuk pilek juga sebaiknya baru diberikan pada anak berusia 2 tahun ke atas. 

"Ini menghindari dampak yang tidak diinginkan karena kondisi fisik anak-anak yang masih lemah, terutama pada bagian pencernaannya," ungkapnya.

Beberapa cara alami yang dapat Bunda terapkan untuk meredakan batuk pilek anak usia 2 tahun ke atas yakni:

Banner Mesin Cuci di Bawah Harga Rp2 Juta

1. Jahe

Bahan yang Bunda perlukan yaitu seruas jahe, 4 cangkir air, dan gula aren secukupnya. Untuk membuat ramuan alami ini, kupas jahe dan cuci bersih, kemudian potong kecil. Setelah itu, masukkan ke dalam wadah yang sudah berisi 4 cangkir air. 

Rebus campuran dengan wadah tertutup sekitar 15 menit. Setelah dingin, saring lalu tambahkan gula aren secukupnya, aduk rata. Lalu minumkan pada Si Kecil.

Bunda bisa memberikan ramuan ini untuk anak usia 2-5 tahun, dua kali sehari sebanyak satu cangkir. Sedangkan anak usia 6-12 tahun, minum 2 kali sehari sebanyak 2 cangkir.

2. Bawang merah

Siapkan 2-3 siung bawang merah, 4 sendok teh minyak kelapa, 1 sendok makan garam dapur, dan 3 tetes minyak kayu putih.

Campur semua bahan menjadi satu dalam wadah yang bersih. Aduk rata, lalu oleskan pada bagian telapak kaki anak, punggung, dan dada, terutama menjelang waktu tidur.

3. Penuhi kebutuhan cairan

Saat anak batuk pilek, jangan lupa pastikan kebutuhan cairan hariannya terpenuhi. Alasannya, air yang cukup akan membantu tubuh melawan penyakit dan menjaga jalan napas tetap lembap.

Dilansir Healthline, anak sebaiknya diberi asupan cairan sekitar 0,23 liter per tahun usia. Misalnya, pada anak berusia 2 tahun maka penuhi kebutuhan cairannya hingga sekitar 0,46 liter. Cairan ini bisa berasal dari air susu ibu, susu formula, atau cairan dari MPASI.

Tambahan asupan cairan juga menjadi lebih penting saat anak menolak minum susu dan tidak nafsu makan. Usahakan anak rutin minum tiap 1-2 jam ya, Bunda.

Baca selanjutnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video manfaat bawang putih untuk bayi yang bisa ditambahkan ke MPASI:

[Gambas:Video Haibunda]



BUNDA JUGA BISA MEMBERIKAN MAKANAN BERKUAH YANG HANGAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!