psikologi

Tips Agar Anak Tak Jadi Korban Pedofil

Asri Ediyati 29 Agu 2017
Tips Agar Anak Tak Jadi Korban Pedofil (Foto: Fuad Hasim/ Infografis) Tips Agar Anak Tak Jadi Korban Pedofil (Foto: Fuad Hasim/ Infografis)
Jakarta - Amit-amit. Jangan sampai ya, Bun, anak kita jadi korban pedofil. Memang, dari zaman dulu pedofilia termasuk penyakit psikologi yang mengancam anak-anak jadi korbannya. Pedofilia sendiri adalah sebuah kondisi di mana gairah seseorang hanya bisa dipuaskan dengan tindakan aktivitas seksual yang dilakukan ke anak-anak.

Umumnya korban pedofil berusia 13 tahun ke bawah. Pedofil biasanya dialami oleh pria dan yang bersangkutan bisa tertarik pada anak laki-laki maupun perempuan. Nah, agar anak terhindar dari incaran pedofil, ini dia tips-tips yang bisa kita lakukan sebagai orang tua, seperti dirangkum HaiBunda.


Tips Agar Anak Tak Jadi Korban PedofilTips Agar Anak Tak Jadi Korban Pedofil (Foto: Fuad Hasim/ Infografis)


Sejak dini sebaiknya kita sudah mengenalkan anatomi tubuh ke anak. Selain untuk mempelajari fungsinya, mereka juga tahu bagian tubuh mana saja yang bersifat 'pribadi'. Empat bagiannya yakni mulut, dada, alat kelamin dan bokong. Nah, kita perlu jelaskan pada anak bahwa empat area pribadi itu nggak boleh disentuh, dipegang dan dilihat sama semua orang kecuali orang tua dan dokter dengan kondisi harus ditemani ayah dan bundanya.

Kita perlu ajarkan anak untuk menolak seseorang yang ingin ambil atau minta foto tubuh anak kita, karena biasanya pedofil suka meminta anak untuk memfoto tubuhnya.

"Jangan lupa juga menyebut anggota tubuh dengan nama aslinya seperti penis atau vagina. Bukan apa-apa, Bun karena kita perlu membuka mindset anak bahwa itu bukan sesuatu yang tabu tapi adalah istilah resmi," ujar psikolog anak dan remaja, Ratih Zulhaqqi.

Tips Agar Anak Tak Jadi Korban PedofilTips Agar Anak Tak Jadi Korban Pedofil (Foto: Fuad Hasim/ Infografis)



Jangankan anak-anak, orang dewasa yang berpakaian kurang sopan aja kadang menjadi perhatian. Oleh karena itu, Bun, kita harus pastikan kalau anak berpakaian yang sopan. Sebaiknya, pakaikan baju yang berlengan dan bawahan yang agak panjang, minimal di bawah lutut, Bun. Karena sebagian besar pedofil tertarik sama paha anak sebagai bahan fantasi seks-nya. Hii..seram banget ya, Bun.

Baca juga: Hati-hati, Bun, Akun Pedofil Incar Anak-anak Bersinglet

Tips Agar Anak Tak Jadi Korban PedofilTips Agar Anak Tak Jadi Korban Pedofil (Foto: Fuad Hasim/ Infografis)


Sebagai orang tua, kita juga perlu nih memastikan anak kita sedang bersama siapa. Kita juga perlu tahu orang-orang dewasa yang terlibat kegiatan bersama anak kita, seperti guru atau teman sang kakak. Pedofil itu nggak cuma dari kalangan yang nggak kita kenal, tapi juga dari orang yang kita kenal.

Para pedofil ini biasanya juga lebih mengincar anak-anak yang cenderung diberikan kebebasan dalam berkegiatan. Jika anak berkegiatan di luar rumah pastikan tempat tersebut memang ramah anak-anak dan ada orang yang kita percaya untuk bisa mengawasi anak berkegiatan. Pedofil biasanya menguntit anak-anak dengan memperhatikan gerak-gerik mereka saat berkegiatan.

Tips Agar Anak Tak Jadi Korban PedofilTips Agar Anak Tak Jadi Korban Pedofil (Foto: Fuad Hasim/ Infografis)


Kebanyakan kasus pedofil biasanya berawal dari anak yang nggak jujur, nggak mau menceritakan sesuatu apa yang sedang dia alami. Untuk itu kita perlu menanamkan kejujuran dan keterbukaan sejak dini ke anak.

Alangkah baiknya sejak kecil, kita tanyakan hal-hal simpel misalnya 'Hari ini adik main apa sama siapa? Seru nggak mainnya? Ngapain aja?' karena anak pada dasarnya polos Bun, kalau kita umpan dengan pertanyaan seperti itu maka ia akan terbuka dengan apa yang ia lakukan.

Sebagian besar pedofil memanipulasi anak-anak melalui rahasia. Mereka akan beri tahu anak-anak, 'Ini cuma rahasia kita aja ya. Jangan beritahu ibu nanti dia akan sangat marah padamu.'


"Ingatkan anak, orang dewasa seharusnya nggak memintanya untuk menyimpan rahasia. Dan itu berlaku juga buat kita, orang tuanya," kata Char Rivette, direktur eksekutif dari Chicago Children's Advocacy Center.

Baca juga: KPAI Koordinasi dengan Kominfo soal Heboh 'Penggemar Singlet Anak'

Tips Agar Anak Tak Jadi Korban PedofilTips Agar Anak Tak Jadi Korban Pedofil ( Foto: Fuad Hasim/ Infografis)


Zaman sekarang kayaknya sudah nggak bisa lepas dari yang namanya media sosial alias medsos ya, Bun. Tiap acara seru nggak jarang dijadikan status, lalu foto-foto diunggah dan disatukan di album akun medsos. Tapi, perlu kita ingat nih, semakin berkembang zaman semakin berkembang pula kejahatan. Apalagi sekarang banyak akun-akun pedofil anak yang terselubung.

Mengubah akun medsos dari publik ke privasi juga bisa bantu mengurangi risiko anak jadi korban pedofil. Jadi postingan kita yang berkaitan dengan anak hanya bisa dilihat oleh keluarga atau orang-orang yang kita kenal. Kalau nggak mau diprivate, jangan lupa kita matikan geo tagging atau location di akun medsos. Hal ini untuk menghindari orang jahat yang ingin menguntit kita atau anak kita.

Jangan salah, Bun. Saat mau posting foto anak atau temannya, kita juga perlu lho minta izin ke anak yang bersangkutan. Kata Ratih hal ini penting dilakukan sebagai upaya kita menghargai dan menghormati anak. Karena, anak-anak juga butuh dihargai.

Tips Agar Anak Tak Jadi Korban PedofilTips Agar Anak Tak Jadi Korban Pedofil (Foto: Fuad Hasim/ Infografis)


Sebagian orang tua kadang 'luluh' dengan anak yang minta izin untuk menginap di rumah temannya. Bukannya nggak sayang Bun, tapi kita harus tahu juga tujuan anak mau menginap di rumah temannya untuk apa. Menurut Rivette, lebih baik untuk nggak mengizinkan anak untuk menginap di rumah teman kecuali kalau kita kenal benar dan tahu latar belakang keluarga teman si anak.

Tanya tujuannya apa dan apa yang anak lakukan di rumah temannya selain menginap, jika anak masih mengelak dan memohon, lebih baik kita tetap ikuti kata hati kita. Nah, memang semuanya dimulai dari kita, Bun. Kalau kita nggak mau anak nginap di rumah teman, kita harus menciptakan suasana rumah yang fun atau lakukan kegiatan seru lainnya seperti masak bareng atau nonton film bareng.

Daripada menginap di rumah teman, kita kan nggak tahu siapa saja yang bertamu di rumah temannya itu. Yang jelas, nggak gampang mengizinkan anak menginap di rumah temannya bisa bantu dia terhindari dari pedofil. (aci/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi