psikologi

Momen Emosional Saat Kakak Cemburu pada Adiknya yang Baru Lahir

Asri Ediyati 14 Mar 2018
Momen Emosional Saat Kakak Cemburu pada Adiknya yang Baru Lahir/ Foto: Jordan Burch Momen Emosional Saat Kakak Cemburu pada Adiknya yang Baru Lahir/ Foto: Jordan Burch
Pensacola, Florida - Cemburu dan merasa takut tak disayang lagi saat adik lahir umumnya wajar dialami oleh anak pertama. Seperti Jackson yang menangis saat tahu adik perempuannya lahir. Ia sadar kelahiran adiknya ini memaksanya untuk saling berbagi. Jackson pun belum bisa menerima itu.

Seorang fotografer persalinan ibunya menjadi saksi momen emosional itu. Jordan Burch, fotografer keluarga tersebut, mengunggah foto sang ibu dan Jackson lewat laman Love What Matters.

"Dear Jackson, hari ini sama sekali nggak sesuai dengan harapan saya. Biasanya seorang ibu (klien lainnya) menyuruh saya datang ke rumah sakit untuk memotret momen menggemaskan saat kakak bertemu dengan adiknya. Sering kali ada yang memegang dan mencium dan banyak pertanyaan yang terlibat," tutur Jordan.

Memang masih sulit ya, Bun, untuk memberi pengertian pada bocah usia dua tahun. Jackson bahkan sudah menangis sebelum masuk ke ruangan persalinan. Saat melihat Jackson menangis, ibunya juga nggak bisa membendung air matanya.

Momen Emosional Saat Kakak Cemburu pada Adiknya yang Baru LahirMomen Emosional Saat Kakak Cemburu pada Adiknya yang Baru Lahir/ Foto: Jordan Burch




Jordan yang melihatnya juga ikut sedih. Lewat tulisannya, Jordan menyampaikan pada Jackson, meskipun adiknya telah lahir, ibunya tetap menganggap Jackson sebagai 'bayi'.

"Dear Jackson, kelak kamu akan mengerti, bahwa tidak ada seorang pun, yang bisa membuat ibumu kurang mencintaimu," tulis Jordan.

Soal kakak yang cemburu sama adik, menurut psikolog Tara de Thouars BA MPsi dari Sanatorium Dharmawangsa dan Lighthouse Clinic Jakarta, adalah hal yang wajar. Tapi, hal ini bisa diatasi asal bunda tetap tenang dan nggak gampang marah ketika sang kakak mencari perhatian.

Untuk ibu hamil, bagaimanapun keadaan moodnya, penting untuk tetap membagi perhatian pada si kakak, Bun. Lakukan hal-hal yang menyenangkan dan melibatkan sang kakak.

"Saat hamil, jangan lupa libatkan sang kakak dalam menjaga sang adik, misalnya 'Kak, nanti kalau adik udah lahir, dia bakalan jadi teman kamu lho' atau 'Kak sini Kak! Pegang perut bunda nih, adiknya gerak-gerak ngajak main lho' bisa seperti itu lho. Peran ayah juga sangat penting antara lain mengalihkan kakak ketika dia mulai cari perhatian," papar Tara.


(aci/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi