psikologi

5 Kunci Tercapainya Pola Asuh yang Tepat bagi Tumbuh Kembang Anak

Amelia Sewaka Rabu, 05 Des 2018 - 08.10 WIB
5 Kunci Tercapainya Pola Asuh yang Tepat bagi Tumbuh Kembang Anak/Foto: Istock 5 Kunci Tercapainya Pola Asuh yang Tepat bagi Tumbuh Kembang Anak/Foto: Istock
Jakarta - Pola asuh yang baik tak kalah penting dari pendidikan di sekolah bagi keberhasilan perkembangan seorang anak. Singkatnya, orang tua adalah guru terbaik bagi setiap anak.

Akan tetapi, orang tua juga perlu tahu bahwa anak-anak menjalani tahapan yang berbeda dalam hidup mereka. Perlu diingat juga, anak satu berbeda dengan anak yang lain. Inilah sebabnya mengapa orang tua perlu menyesuaikan gaya pengasuhan tergantung pada kebutuhan anak.

"Orang tua memainkan peran kunci dalam perkembangan anak. Seiring waktu, anak-anak belajar nilai-nilai sosial dan moralitas dari orang tua, karena itu orang tua bertanggung jawab atas keberhasilan anak-anaknya," kata pakar edukasi Dr Rosetta Williams, dilansir Medium.

Sebenarnya, tak ada aturan yang pasti dan cepat terkait gaya pengasuhan. Pastikan bahwa Ayah Bunda memahami kebutuhan anak, dengan begitu mereka tumbuh menjadi individu yang baik, cerdas dan produktif.

Nah, berikut lima hal penting yang patut Ayah Bunda perhatikan, agar pola asuh yang baik berhasil diterapkan ke anak, seperti dikutip dari Toodrie. Cek halaman selanjutnya ya Bunda.


(aml/muf)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi