sign up SIGN UP search


trending

Pria Ini Sukses Turunkan Berat Badan 65 Kg, Apa Rahasianya?

Annisa Karnesyia Rabu, 06 Nov 2019 07:03 WIB
Pria ini mampu menurunkan berat badan secara bertahap sebanyak 65 kg karena bantuan dan dukungan istri. caption
Jakarta -
Memiliki berat badan berlebih bukan cuma tidak sehat tapi juga bikin enggak nyaman. Inilah yang dialami seorang pria asal Malaysia bernama Norazman Md Noh.

Norazman berhasil menurunkan berat badan sekitar 65kg selama tiga tahun. Sebelum melakukan diet, beratnya sekitar 130 kg.

Pria 42 tahun itu mengaku banyak kejadian di masa lalu yang membuatnya semangat menurunkan berat badan. Salah satunya saat terserang tekanan darah tinggi ketika bertugas di Sabah.


"Sewaktu dalam perjalanan menaiki ambulans ke rumah sakit, terlintas di pikiran mengenai anak dan istri. Ini menjadi turning point saya," kata Norazman, dikutip dari MStar

Bukan hanya itu, Norazman merasa berat badannya menjadi penghalang dalam beraktivitas. Bahkan sempat membuatnya malu, Bunda.

"Susah cari baju, tidak bisa beli baju langsung jadi. Selain itu, susah duduk saat solat, susah ke toilet, mau buang air pun tangan sulit digunakan untuk membersihkan," ujar Norazman.

"Saya pernah tiga atau empat kali patah kursi di tempat makan dan asrama. Memalukan, sebab berkali-kali terjadi," sambungnya.

Sebelum dan sesudah Norazman menurunkan berat badanSebelum dan sesudah Norazman menurunkan berat badan/ Foto: Facebook Norazman

Berbagai cara diet dilakukan Norazman. Mulai dari berolahraga di gym, mencoba cara herbal, tak makan nasi, dan mencoba bermacam-macam produk untuk menurunkan berat badan.

Sampai akhirnya Norazman bertemu dengan seseorang yang membantunya. Orang tersebut beratnya pernah turun 40 kg.

Dukungan paling besar justru datang dari sang istri. Meski pada awalnya istri Norazman tidak setuju, lama-kelamaan setelah melihat kesungguhan suaminya, sang istri langsung membantu.

"Dia banyak menolong, kami berdua masak makanan yang sehat. Saya sekarang belum mencapai berat badan ideal dan masih harus menurunkan lagi. Usaha ini masih terus dilakukan," papar Norazman.

Dalam unggahan di akun Facebook miliknya, Norazman sering membagikan perubahan bentuk tubuhnya. Termasuk menu makanan yang disantapnya untuk menurunkan berat badan.

Makanan yang dikonsumsi NorazmanMakanan yang dikonsumsi Norazman/ Foto: Facebook Norazman

Menurunkan berat badan memang harus memerhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi, Bunda. Menurut dr.Merdina Manik, M.Gizi, dari RSUD Kramat Jati, orang yang melakukan diet disarankan untuk melakukan diet yang disesuaikan dengan kebutuhan makronutrien, seperti karbohidrat, lemak, dan protein.

"Diet yang disarankan adalah diet gizi seimbang dengan ketentuan jumlah kebutuhan makronutrien," kata Merdina.

Simak juga tips mengukur kelebihan berat badan di video berikut, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi