sign up SIGN UP search


trending

Karantina diri Sendiri Tapi Tetap Gembira untuk Cegah Corona Versi Susi Pudjiastuti

Siti Hafadzoh Sabtu, 14 Mar 2020 16:10 WIB
Susi Pudjiastuti menyarankan kita mengkarantina diri sendiri supaya terhindar dari virus corona. Simak karantina dengan cara gembira ala Susi berikut ini! caption
Jakarta - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengucapkan keprihatinannya terhadap penyebaran virus corona. Ia menyarankan masyarakat untuk disiplin dalam mengkarantina diri sendiri.

Susi menghimbau agar masyarakat tidak banyak keluar rumah. Tidak perlu khawatir, Bun, ini hanya dilakukan sementara waktu saja kok, hanya sekitar dua minggu sampai satu bulan.


"Saya berharap kita semua melakukan disiplin untuk mengkarantina diri sendiri dan keluarga kita, tidak keluar ke keramaian-keramaian, tidak banyak bertemu orang untuk sementara waktu saja," kata Susi.


Dalam kondisi lingkungan yang seperti ini, kita perlu mengkarantina diri sendiri. Susi yakin, dengan disiplin seperti ini, kita bisa melewati virus pandemik tersebut.

Namun, karantina bukan berarti kita tidak bisa gembira ya, Bun. Ada hal-hal yang bisa kita lakukan di rumah dan membuat kita senang.

"Kita luangkan waktu bersama keluarga saja," ujar Susi.

Selain itu, kita juga perlu menjaga kebersihan nih. Salah satunya, denganĀ mencuci tangan setelah dan sebelum beraktivitas. Bunda juga perlu mengajak keluarga untuk minum air yang cukup, serta berolahraga teratur.

"Saya yakin, dengan olahraga juga, seperti yang saya lakukan hari ini, badan kita akan lebih sehat, imunitas kita akan meningkat. Insyaallah, kita tidak akan terkena dampak corona, virus Covid-19," jelas Susi.

Apa yang disampaikan Susi senada dengan pendapat dokter spesialis anak, Sub spesialisasi Pulmonologi Resipirogi RSCM Dr. dr.Nastiti Kaswandani, Sp.A(K). Nastiti mengatakan, Bunda memang perlu melakukan tindak pencegahan supaya tidak tertular virus corona.

Tidak bepergian ke tempat ramai dan mencuci tangan adalah hal yang paling utama dalam mencegah penularan virus. Selain itu, Bunda perlu menjaga jarak dengan orang yang batuk atau bersin.


Nastiti menjelaskan, virus bisa menyebar ketika ada tetesan kecil air liur dari orang sakit masuk ke dalam mata, hidung, atau mulut orang sehat. Jadi, sebaiknya jaga jarak minimal 0,5 sampai 2 meter dari orang yang batuk atau bersin.

Semoga dengan cara ini, kita terhidar dari penularan virus corona ya, Bun.

Simak juga video tentang virus corona yang perlu Bunda ketahui berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!