sign up SIGN UP search


trending

2 Juta Obat Avigan Dipesan Pemerintah RI untuk Pasien Virus Corona

Kurnia Yustiana Sabtu, 21 Mar 2020 12:16 WIB
2 Juta Obat Avigan Dipesan Pemerintah RI untuk Pasien Virus Corona caption
Jakarta - Kasus positif virus corona masih terus bertambah di Indonesia. Pemerintah RI pun kabarnya telah memesan jutaan obat yang disebut efektif mengatasi virus corona.

Presiden Jokowi menyebut belum ada antivirus yang bisa menyembuhkan virus corona. Maka Pemerintah RI berusaha mengatasi virus corona dengan memesan jutaan obat yang dianggap efektif bagi kesembuhan pasien.


"Pemerintah telah memesan dua juta avigan dan menyiapkan tiga juta klorokuin yang akan diresepkan oleh dokter apabila diperlukan," ujar Presiden Jokowi dalam unggahan Instagramnya, @jokowi, Jumat (20/3/2020).


Avigan dan klorokuin disebut ampuh untuk menyembuhkan pasien positif virus corona sesuai hasil riset dan pengalaman di beberapa negara.

Obat-obat tersebut akan diberikan ke pasien virus corona melalui dokter keliling dari rumah ke rumah, rumah sakit dan puskesmas di kawasan yang terinfeksi.

Presiden Joko Widodo/Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Setpres


Avigan dan klorokuin pun diharapkan bisa diperbanyak lagi untuk mencukupi kebutuhan para pasien positif virus corona.

"Saya pun sudah meminta kepada BUMN farmasi untuk memperbanyak produksi obat ini," katanya.

Selain membeli jutaan obat avigan dan klorokuin, Jokowi menyebut bahwa akan dilakukan rapid test pada sejumlah wilayah yang diketahui ada kontak dengan pasien positif, seperti diberitakan detikcom.

Rapid test merupakan tes massal yang menggunakan spesimen darah untuk mendeteksi virus Corona. Tes ini akan dilakukan dari rumah ke rumah.



Bunda bisa simak video tentang diet tanpa garam yang punya batas waktu yuk!

[Gambas:Video Haibunda]




(jue/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi