Sign Up search


trending

Bunda, Yuk Cegah COVID-19 dengan Tidak Berdekatan dan Berkumpul Dahulu

Asri Ediyati Rabu, 25 Mar 2020 13:32 WIB
Bunda, Yuk Cegah COVID-19 dengan Tidak Berdekatan dan Berkumpul Dahulu Bunda, Yuk Cegah COVID-19 dengan Tidak Berdekatan dan Berkumpul Dahulu/ Foto: Getty Images/iStockphoto/BartekSzewczyk
Jakarta - Virus termasuk mikroba yang tak tampak wujudnya bila dilihat dengan mata telanjang. Penyebaran pun cepat, menurut MedScape, virus Corona (COVID-19) bisa bertahan beberapa jam hingga hitungan hari di suatu permukaan. Untuk itu, sebagai pencegahannya kita perlu melakukan beberapa hal.

Salah satu pencegahan yang dianjurkan pemerintah Indonesia adalah dilarang berdekatan dan dilarang berkumpul. Tindakan itu begitu penting yang dilakukan untuk menghentikan atau setidaknya memperlambat kecepatan penyebaran virus Corona (COVID-19).


Dengan melakukannya, orang yang terinfeksi virus, baik yang menunjukkan gejala sakit maupun yang tampak sehat, tidak menularkan virus ke orang-orang sehat. Lantas, bagaimana melakukannya?


Gampang banget, selama ada perintah warga harus tetap berada di rumah. Lakukan kegiatan dari rumah. Bekerja, belajar dan beribadah pun di rumah.

"Acara-acara besar, seperti pertemuan masyarakat, hiburan, olahraga ataupun bisnis harus ditunda atau dibatalkan," demikian yang tertulis dalam laman resmi covid19.go.id.

Mungkin sebagian dari Bunda bertanya, apakah kita boleh ke luar rumah untuk belanja kebutuhan? Bagaimana kalau kita harus berobat?

"Jawabannya boleh tapi kurangi frekuensi dan waktunya seminimal mungkin. Selalu jaga jarak minimal 1 meter dari orang lain. Jangan bersalaman. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau cairan pembersih tangan saat kembali pulang ke rumah," sambungnya.

Nah, khusus untuk orang yang berisiko (orang lanjut usia dan orang yang memiliki masalah kesehatan menahun seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, paru-paru, dan lain-lain), harus selalu tetap di rumah. Ini karena berada di luar rumah, apalagi di tempat umum, sangat berisiko bagi mereka yang memiliki kriteria tersebut.
Social distancingSocial distancing/ Foto: shutterstock

Bagi Bunda yang bekerja, lebih baik kerja dari rumah saja. Kalau memang betul-betul terpaksa harus ke kantor, jaga jarak minimal 1 meter dan batasi kontak dengan rekan kerja. Yang terpenting, patuhi etika bersin/ batuk (tutupi bersin/ batuk dengan siku terlipat atau tisu yang dibuang langsung ke tempat sampah).

Bagi anak yang sementara belajar dari rumah, pastikan anak mengikuti instruksi guru untuk belajar di rumah. Jangan biarkan anak pergi luar rumah apalagi ke tempat umum yang ramai orang. Jangan menganggap momen kerja, belajar di rumah menjadi momen liburan.

Jika Bunda atau keluarga curiga dan merasa mengalami gejala virus Corona, segera cari tenaga medis. Bunda juga bisa telepon ke 119 ext. 9. Jika Bunda sedang merawat orang sakit di rumah, gunakan masker dan sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir.


Simak juga video tentang virus Corona berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]




(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi