sign up SIGN UP search

trending

Ria Miranda, Desainer Pakaian Muslimah Indonesia yang Mendunia

Kurnia Yustiana   |   Haibunda Rabu, 20 May 2020 06:30 WIB
Fashion Show Ria Miranda caption
Jakarta -

Indria Miranda atau dikenal sebagai Ria Miranda lahir di Padang, 15 Juli 1985. Ia menempuh pendidikan sarjana di Universitas Andalas, yang kemudian dilanjutkan dengan sekolah mode Esmod Jakarta.

Setelah lulus tahun 2008, Ria Miranda yang menyukai dunia fashion, tertarik untuk menekuni bisnis busana Muslim. Sebab, kala itu fashion hijab belum terlalu banyak variasi dan peminat.

Dari yang awalnya hanya mendesain pakaian untuk digunakan sendiri, ia mengambil langkah berani merilis brand busana Muslimah Shabby Chic by Ria Miranda, yang kemudian berganti menjadi Ria Miranda tahun 2009.


Dengan modal Rp15 juta dari kocek pribadi, Ria Miranda memulai bisnisnya. Wanita berhijab ini memasarkan karyanya yang identik dengan warna pastel lewat BlackBerry Messenger (BBM) dan blog.

Seiring berjalannya waktu, bisnis Ria Miranda berkembang pesat. Namanya semakin dikenal sebagai desainer yang ikut mempengaruhi perkembangan tren hijab di Indonesia. Toko busananya tersebar di sejumlah kota besar di Indonesia.

Dia pun begitu senang menjalani bisnisnya. Apalagi keluarganya yang memang berjiwa entrepreneur juga mendukung penuh usaha Ria Miranda.

Dikutip dari situs resmi Ria Miranda, Rabu (20/5/2020), desainer asli Indonesia ini berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi, seperti Femina Inacraft Choice Award 2012 dan Influence Asia 2017.

Ria MirandaRia Miranda/ Foto: gresnia/wolipop

Karyanya juga mulai dilirik di kancah internasional. Ria Miranda pernah memamerkan karyanya dalam pameran dan fashion show di Dubai, Hong Kong, Malaysia, Singapura, Australia, Amerika Serikat hingga Inggris.

Ria Miranda pun berhasil membuktikan bahwa produk lokal bisa bertahan lama. Selain itu, tak kalah saing dari gempuran brand luar negeri.

Sukses berkarya sebagai desainer, tentunya banyak juga tantangan dan halangan yang ia lewati. Selama 10 tahun berkarya, Ria Miranda pernah merasakan pengalaman pahit.

"Waktu itu masih awal merintis usaha, sketsa desainku pernah hilang, terus pernah juga dicurangi sama rekan satu tim. Tapi ya itu aku ambil hikmahnya sebagai pelajaran saja," ujar Ria Miranda, dikutip dari Wolipop.

Simak juga video dr. Sumy Hastry, ahli forensik wanita pertama yang inspiratif:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!