sign up SIGN UP search


trending

Virus Corona Tak Mudah Menular Hanya karena Menyentuh Benda? Ini Penjelasannya

Yuni Ayu Amida Minggu, 24 May 2020 11:22 WIB
Hand of scientist is holding a test-tube with positive blood test on CORONAVIRUS caption
Jakarta -

Baru-baru ini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) memperbarui pernyataan mereka terkait virus Corona. Dalam pernyataannya, mereka menyebut bahwa virus Corona tidak mudah menyebar dengan hanya menyentuh permukaan atau benda yang terkontaminasi.

"Perubahan pernyataan ini dilakukan pada 11 Mei lalu, tanpa adanya pengumuman dari organisasi tersebut. Perubahan ini dimaksudkan untuk mengklarifikasi penyebaran jenis lainnya dari orang ke orang," demikian disampaikan juru bicara CDC, Kristen Nordlund pada NBC News.

Hanya saja, belum ada data terbaru tentang bagaimana partikel virus menular lewat permukaan. Penyebaran tersebut tetap mungkin terjadi.


Dilansir Live Science, penelitian sebelumnya yang diterbitkan pada 17 Maret di The New England Journal of Medicine menemukan, virus Corona bisa bertahan di udara hingga 3 jam, tembaga hingga 4 jam, karton hingga 24 jam, serta plastik dan stainless steel hingga 72 jam. Tetapi masih belum jelas berapa lama virus Corona ini bisa bertahan dan seberapa besar risiko penularan virus dari permukaan yang terkontaminasi tersebut.

Melalui situs resmi, CDC menyebut, virus Corona lebih mudah menyebar dan menjadi berkelanjutan antara orang ke orang. Karena itu merupakan rute utama penularan. Namun, virus tidak menyebar dengan mudah pada cara lain, seperti lewat benda yang terkontaminasi.

Meskipun memungkinkan COVID-19 menyebar dengan cara lain, seperti menyentuh permukaan atau benda yang terkontaminasi lalu menyentuh mulut, hidung, atau mata, atau penularan antara hewan dan manusia, tapi ini tidak dianggap sebagai rute utama penyebaran, Bunda.

PosterPoster/ Foto: Edi Wahyono

Hanya saja, masyarakat tetap waspada dan khawatir, jadi harus melakukan tindakan pencegahan. Misalnya, saat ini orang takut menyentuh uang tunai, jadi banyak bisnis yang beralih pada pembayaran 'tanpa sentuhan'.

Di sisi lain, CDC juga menerbitkan serangkaian pedoman tentang cara membersihkan dan mendisinfeksi permukaan. Karena bukti saat ini menunjukkan, virus Corona bisa bertahan selama berjam-jam di permukaan yang terbuat dari berbagai bahan.

"Membersihkan permukaan yang tampak kotor diikuti dengan desinfeksi adalah tindakan terbaik untuk pencegahan COVID-19 dan penyakit pernapasan virus lainnya di rumah tangga dan masyarakat," tulis CDC.

Selain itu, cara terbaik untuk melindungi diri dari COVID-19 adalah dengan melakukan social distancing, sering-sering mencuci tangan dengan air dan sabun. Serta secara rutin membersihkan dan mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh.

Simak juga the new normal di masa Corona dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi