sign up SIGN UP search


trending

5 Fakta Hagia Sophia, Masjid di Turki yang Baru Saja Kumandangkan Azan Pertama

Asri Ediyati Rabu, 15 Jul 2020 18:00 WIB
Hagia Sophia adalah salah satu landmark kota Istanbul, Turki. Kondisi bangunan yang pernah menjadi gereja, masjid dan museum itu kini sunyi dan sepi di tengah COVID-19 melanda Turki. Ini potretnya. caption
Jakarta -

Hagia Sophia kini menjadi masjid setelah otoritas Turki mengembalikan fungsinya. Sebelum dijadikan masjid lagi, Hagia Sophia adalah museum yang dikunjungi jutaan turis mancanegara tiap tahunnya.

Pada 10 Juli, suara azan pertama terdengar kembali di Hagia Sophia. Dalam video tampak masyarakat Turki menyambutnya dengan antusias.

Masyarakat Turki ramai-ramai mengabadikan momen ini dengan ponsel genggam mereka. Mereka berkumpul di depan Hagia Sophia ketika azan berkumandang.


Ibadah salat nantinya akan kembali digelar mulai 24 Juli 2020. Meski sudah beralih fungsi menjadi masjid, Hagia Sophia juga tetap terbuka untuk semua.

"Pintu-pintu Hagia Sophia, sebagaimana halnya dengan semua masjid kami, akan terbuka lebar untuk semua. Apakah itu warga asing atau lokal. Muslim atau non-muslim," demikian bunyi twit dari akun Kepresidenan Turki, dikutip dari detikcom.

Untuk Bunda yang ingin tahu lebih banyak tentang Hagia Sophia, berikut lima fakta yang HaiBunda rangkum dari laman resmi Muze Istanbul:

1. Masterpiece sejarah arsitektur

Masjid Hagia Sophia memiliki sejarah arsitektur yang kompleks, kaya, penuh makna yang religius, dan karakteristiknya yang luar biasa. Hagia Sophia ini berdiri kurang lebih 15 abad yang lalu.

Dengan kubahnya yang menakjubkan yang terlihat seperti menggantung di udara, kolom marmer monolitik dan mosaik yang luar biasa indah, tak heran Hagia Sophia adalah salah satu keajaiban sejarah arsitektur dunia.

2. Pernah menjadi katedral

Hagia Sophia dahulu adalah Gereja Romawi Timur terbesar di Istanbul. Dibangun tiga kali di lokasi yang sama, Hagia Sophia adalah katedral tertua di dunia.

Atas perintah Kaisar Justinianos, Hagia Sophia dibangun oleh Anthemios dari Tralles (Aydin) dan Isidoros dari Miletos (Balat). Konstruksi dimulai pada tahun 532 dan selesai dalam periode lima tahun dan dibuka untuk ibadah pada 537 dengan upacara besar.

3. Menjadi masjid di kejayaan Ottoman

Ketika Sultan Mehmet menaklukkan Istanbul, ia mengubahnya menjadi masjid kekaisarannya. Bangunan Hagia Sophia kemudian ditambahkan elemen arsitektur khas Ottoman.

4. Menjadi museum di 1935

Hagia Sophia kemudian berubah menjadi museum pada tahun 1935 atas perintah Mustafa Kemal Ataturk. Bangunan ini semakin dikenal karena disebut Gerbang Kekaisaran, Gerbang Indah, dan Gerbang Marmer.

5. Terdapat mosaik yang indah

Hagia Sophia memukau orang-orang dengan tidak hanya dengan desain arsitekturnya yang menakjubkan, tetapi juga oleh mosaik berlapis emas, perak, kaca, terakota dan mosaik batu berwarna, dan mosaik langit-langit asli abad ke-6 dengan motif bunga dan geometris mereka.

Satu hal yang tak kalah menarik adalah adanya mosaik Kristen dan kaligrafi Islam di dalam Hagia Sophia. Terdapat Mosaik Bunda Maria, Yesus, kemudian adanya kaligrafi berlafazkan Allah, Muhammad, dan lainnya.

Simak juga video kiat mengajarkan agama pada anak:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi