sign up SIGN UP search


trending

4 Cara Mengecek Apakah Bunda Dapat BLT Rp600 Ribu dari Pemerintah

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 25 Aug 2020 16:12 WIB
Girl recounts denominations of 100 thousand Indonesian rupees. Tourists Budget in Bali caption
Jakarta -

Pemerintah telah menyiapkan dana bantuan langsung tunai (BLT) bagi pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta. Bantuan tersebut berupa uang Rp600 ribu yang ditransfer ke rekening pekerja.

Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp37,8 triliun untuk program ini., Bunda. BLT akan disalurkan ke 15,7 juta pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta dan terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) sampai dengan Juni 2020.

Menurut Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, bantuan sebesar Rp600 ribu diberikan selama 4 bulan atau total senilai Rp2,4 juta. BLT nantinya diberikan setiap 2 bulan dengan jumlah Rp1,2 juta.


"Jadi untuk subsidi bulan September-Oktober akan kami berikan pada akhir Agustus ini. Dan 2 bulan berikutnya akan diberikan. Jadi diberikan dalam bentuk transfer langsung ke rekening penerima 2 bulan sekali, Rp1,2 juta," kata Ida, dalam keterangannya secara virtual, Senin (24/8/2020).

Ida menjelaskan bahwa bantuan yang rencananya bisa dicairkan pada hari ini, Selasa (25/8/2020), harus batal karena proses validasi calon pekerja belum selesai. Butuh waktu paling lambat empat hari untuk melakukan validasi ini, Bunda.

"Kalau dalam juknis-nya itu waktu paling lambat itu 4 hari untuk melakukan check list, jadi 2,5 juta. Kami mohon maaf. Butuh kehati-hatian untuk menyesuaikan data yang ada," dilansir CNN Indonesia.

Meski dibatalkan, Bunda tetap perlu bersiap untuk menyesuaikan data pekerja guna mencairkan BLT ya. Berikut syarat dan cara pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta mengecek BLT yang diterima:

1. Pekerja harus terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan sampai 30 Juni 2020. Nomor rekening pekerja juga harus terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

2. Pekerja bisa mendownload dan melakukan registrasi di aplikasi BPJSTK mobile untuk melihat status kepesertaan.

3. Cara lain yaitu mendaftarkan diri dan mengecek lewat SMS ke 175 dengan format: Daftar (spasi) Saldo, diikuti nomor KTP dan tanggal lahir dan nomor peserta.

4. Pekerja juga bisa langsung cek situs web resmi https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ atau menghubungi WhatsApp di nomor +62811-9115910 atau +62 855-1500910.

Simak juga pesan bijak Lenna Tan pada pasangan yang ingin nikah muda, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!