sign up SIGN UP search


trending

Shandy Aulia Salat Saat SD & Menganut Kristen Usia 17, Ayah Nangis Tiap Malam

Annisa Karnesyia Minggu, 13 Sep 2020 18:55 WIB
Shandy Aulia saat ditemui di studio Trans TV. caption
Jakarta -

Tak banyak yang tahu, Bunda. Sejak kecil, artis cantik Shandy Aulia ternyata dibesarkan orang tua dengan dua keyakinan berbeda.

Baru-baru ini, Shandy berbagi cerita itu dengan ayahnya, yang memeluk agama Islam. Keduanya mengenang masa kecil Shandy yang belajar salat, hingga akhirnya dia memutuskan memeluk agama Kristen.

"Aku melewati masa-masa SD, masih di rumah Papa, terus aku juga di rumah Mama. Aku yang namanya mengenal dua keyakinan. Aku ingat banget masih belajar salat," kata Shandy, dalam YouTube channel miliknya, dikutip Minggu (13/9/2020).


Memasuki usia remaja, Shandy memutuskan menganut agama Kristen. Ia pun penasaran dengan pendapat sang ayah soal keputusannya ini.

"Mau usia 17 tahun, aku akhirnya bisa bilang ke Papa, keyakinan ini yang aku pilih. Apa yang membuat Papa sampai hari ini mengerti, dan kita jalan masing-masing apa yang kita percaya?" tanya Shandy.

"Sebetulnya hati kecil Papa berat. Sampai saat ini, Papa masih mendoakan kamu supaya kamu dapat hidayah," ujar sang ayah.

Ayah Shandy mengaku belum mendalami agama Islam saat putrinya memutuskan memeluk keyakinan yang berbeda. Namun, saat sudah mengenal agama Islam, ayah Shandy menjadi ingat tanggung jawabnya pada sang buah hati.

Ia bahkan mencari jawaban ini ke beberapa ustaz, Bunda. Ia lantas mengetahui bahwa seorang laki-laki harus bertanggung jawab atas perbuatan anak-anaknya di akhirat nanti.

"Papa karena waktu itu belum mengenal agama, Papa enggak jawab apa-apa. Cuma saat inilah papa baru mengenal agama yang sebenarnya. Itu menjadi tanggung jawab Papa di akhirat dan Papa banyak bertanya dengan beberapa ustaz yang ada di Madinah atau Mekkah, itu menjadi tanggung jawab Papa terhadap kamu," ujar ayah Shandy.

"Karena seorang laki-laki, bapak, harus bertanggung jawab di akhirat sebagai kepala rumah tangga, apapun perbuatan anak-anak itu, sekalipun sudah dewasa. Kecuali setelah masuk agama lain setelah dewasa, itu orang tua lepas tanggung jawab. Tapi kalau masih kecil, itu tanggung jawab penuh orang tua."

Shandy Aulia dan ayahnyaShandy Aulia dan Ayahnya/ Foto: Screenshot YouTube Shandy Aulia

Menurut keyakinan ayah Shandy Aulia, sulit masuk surga jika anak sudah berbeda keyakinan. Namun, dia meyakinkan sudah berusaha untuk melakukannya.

"Menurut beberapa hadist maupun firman Allah, yang mengatakan Papa berat katanya untuk masuk surga, harus nasihati anak Papa untuk ditarik ke agama Islam. Kalau dia memang dinasihati enggak mau, ya Wallahu alam Insyaallah kita sudah berusaha," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, ayah Shandy mengaku menangis setiap malam saat berdoa untuk putrinya. Ia berharap Shandy mendapat hidayah untuk memperdalam agama Islam dan agama yang dianutnya.

"Sebetulnya terus terang saja, yang Papa setiap malam nangis dan keluar air mata, berdoa, hanya untuk kamu," ujar ayah Shandy.

"Semata-mata, untuk kalau bisa kamu mendapatkan hidayah untuk mempelajari agama Islam. Bukannya masuk Islam, (tapi) belajar memperdalam agama Islam dan memperdalam agama kamu, di mana titik temunya. Nanti kamu bisa menentukan."

Usai menyampaikan isi hatinya, ayah Shandy merasa lega. Ia sebenarnya cukup khawatir putrinya marah atau tersinggung karena bicara soal agama, Bunda.

Ayah Shandy juga senang karena pembicaraan ini dibuka lebih dulu oleh putrinya. Ia merasa doanya selama ini didengar Allah SWT, Bunda.

"Itu yang ingin Papa sampaikan kepada kamu Shan, dan sore ini, Allah telah membuka jalan, Papa cuma takut nanti kamu tersinggung. Alhamdulillah Allah membukakan, kamu lebih dulu membahas soal agama," kata sang ayah.

Simak juga kisah Winda Idol dan suami yang beda budaya dan awalnya beda agama, di video intimate interview berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi