sign up SIGN UP search


trending

Bocoran Harga Vaksin Virus Corona yang Akan Diedarkan, Penting Nih Bunda

Siti Hafadzoh Rabu, 14 Oct 2020 10:52 WIB
Illustrative picture of covid-19 coronavirus vaccine vial caption
Jakarta -

Di tengah pandemi COVID-19, salah satu hal yang ditunggu-tunggu adalah vaksin corona. Berapa ya harga vaksin corona di Indonesia?

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir memastikan harga vaksin corona sekitar Rp200 ribu. Pernyataan Honesti ini menanggapi berita tentang kesepakatan Sinovac dengan Brasil yang akan menjual vaksin sekitar 1,96 US$ atau setara Rp29 ribu.

"Kisaran harganya Rp200 ribu. Informasi harga vaksin covid-19 di Brasil telah kami klarifikasi ke pihak Sinovac. Mereka sudah mengirimkan surat elektronik resmi ke Bio Farma, yang memastikan bahwa informasi dalam pemberitaan tentang kontrak pembelian 46 juta dosis dengan nilai kontrak 90 juta US dollar dengan pemerintah Brasil tidak tepat. Mengenai harga 1,96 US dollar per dosis pun tidak tepat," kata Honesti dikutip dari CNN Indonesia.


Menurut Honesti, biaya pengiriman setiap dosisnya saja sekitar 2 dolar. Dalam surat resmi yang disampaikan Sinovac, ada beberapa faktor penentu harga vaksin COVID-19.

Salah satu faktornya adalah bergantung pada investasi pada studi klinis fase 3. Terutama dalam uji efikasi dalam skala besar.

Penentuan harga vaksin di Indonesia juga mengikuti prinsip tersebut, Bunda. Jadi, pemberian harga vaksin corona tidak bisa disamakan.

Honesti mengatakan, untuk menjamin kualitas vaksin, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan terbang ke China untuk mengaudit proses vaksin corona. LP POM MUI juga akan melaksanakan audit halal.

Uji klinis fase 3 vaksin COVID-19 masih berjalan di minggu kedua Oktober 2020. Sampai saat ini, uji klinis tahap 3 masih berjalan lancar dan belum ada laporan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serius karena suntikan calon vaksin corona.

Bunda, lihat cara tepat mencegah COVID-19 di video berikut ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi