sign up SIGN UP search


trending

Apa Itu Herd Immunity? Begini Penjelasannya Bun

Siti Hafadzoh   |   Haibunda Rabu, 02 Dec 2020 21:34 WIB
Bangkok, Thailand - Mar 2020 : Crowd of unrecognizable business people wearing surgical mask for prevent coronavirus Outbreak in rush hour working day on March 18, 2020 at Bangkok transportation caption
Jakarta -

Di tengah pandemi corona, Bunda mungkin sudah sering mendengar istilah herd immunity. Sebenarnya, herd immunity itu seperti apa ya?

Mengutip situs covid19.go.id, herd immunity bisa juga disebut kekebalan kelompok. Nah, situasi ini adalah ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit tertentu.

Orang yang kebal terhadap penyakit itu secara tidak langsung melindungi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut, Bunda. Herd immunity bisa dicapai lewat imunisasi dengan cakupan yang tinggi dan merata.


"Jika wabah dapat dikendalikan dan penularan dicegah sedemikian rupa, maka masyarakat dapat kembali beraktivitas dan kembali produktif. Pasti kita semua ingin kondisi seperti itu segera terwujud. Karena itulah kenapa vaksin dan upaya vaksinasi menjadi penting," kata dr Reisa Broto Asmoro.

Dengan vaksinasi, tubuh dapat membentuk antibodi. Sehingga, bisa kebal terhadap penyakit tertentu.

Bicara soal vaksinasi, Prof. Dr. Henri Subiakto, Staf Ahli Menteri Bidang Hukum Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan, tidak ada vaksin yang dibuat sembarangan. Semuanya butuh uji klinis dan perizinan.

"Banyak orang mendapatkan informasi tentang vaksin dari sejumlah media sosial yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Apalagi di masa wabah COVID-19 ini, banyak sekali hoaks soal vaksin bertebaran," kata Henri.

Nah, selama pandemi corona belum berakhir, selalu terapkan protokol kesehatan ya. Jangan bosan #ingatpesanbunda #ingatpesanibu untuk #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan, dan #cucitanganpakaisabun, sesuai imbauan #satgascovid19.

Simak juga penjelasan kenapa Bunda harus patuh saat dilacak oleh Satgas COVID-19 berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Shaheer Sheikh dan Ruchikaa Kapoor

(sih/som)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!