sign up SIGN UP search


trending

Selama Libur Nataru, Penumpang Dilarang Makan dan Minum di Pesawat

Jujuk Ernawati Selasa, 22 Dec 2020 13:55 WIB
Ilustrasi Jendela Pesawat caption
Jakarta -

Meski pemerintah membatalkan libur panjang Natal dan Tahun Baru demi menekan kasus COVID-19 usai liburan, namun sebagian keluarga memilih mengambil cuti untuk menikmati akhir tahun ini. Satuan Tugas Penanganan COVID-19 pun akhirnya menerbitkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Natal dan Tabun Baru 2021.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa surat edaran ini adalah upaya pemerintah untuk menanggulangi penularan virus COVID-19. Berkaca pada pengalaman libur panjang sebelumnya, jumlah kasus meningkat di sejumlah daerah setelah liburan selesai.

"Karena itu, sudah seharusnya warga untuk lebih patuh dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Semua diatur dalam surat edaran terbaru ini," katanya, dikutip dari siaran pers.


Dalam surat edaran yang berlaku sejak 19 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021 mendatang, ada tiga poin penting yang wajib diterapkan bagi pelaku perjalanan menjalankan protokol kesehatan. Selain menerapkan 3M, yakni mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker, ada aturan makan dan minum saat naik moda transportasi pesawat terbang, Bunda.

Dijelaskan bahwa penumpang pesawat tidak diperkenankan untuk makan dan minum sepanjang penerbangan dengan perjalanan kurang dari 2 jam. Namun ada pengecualian untuk kondisi tertentu.

"Terkecuali bagi individu yang wajib mengonsumsi obat untuk keselamatan dan kesehatannya," ujar Wiku.

Sementara bagi individu yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi maupun umum harus bertanggung jawab atas kesehatannya masing-masing. Selain itu, harus tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Adapun pengetatan protokol kesehatan sepanjang perjalanan yang perlu dilakukan, yakni wajib menggunakan masker. Masker harus digunakan dengan benar menutupi hidung dan mulut.

"Penggunaan masker wajib secara benar menutupi hidung dan mulut dengan jenis masker kain tiga lapis atau masker medis," ujar Wiku.

Nah, sekali lagi, jangan lupa untuk selalu #ingatpesanbunda atau #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun demi mencegah penularan COVID-19.

Banner YouTube SachaFoto: HaiBunda

Bunda bisa simak video untuk tetap menerapkan protokol kesehatan karena pandemi belum akan berakhir:

[Gambas:Video Haibunda]



(jue/jue)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!