sign up SIGN UP search


trending

5 Fakta Jokowi Disuntik Vaksin COVID-19, Jadi yang Pertama di RI

Yuni Ayu Amida Rabu, 13 Jan 2021 12:19 WIB
Presiden Jokowi disuntik vaksin Corona (COVID-19) caption
Jakarta -

Virus COVID-19 sampai hari ini belum juga mereda, Bunda. Meski demikian, kita sudah mulai melihat peluang bahwa dalam beberapa waktu ke depan virus mungkin akan benar-benar menghilang. Salah satunya karena hadirnya vaksin.

Nah, terkait vaksinasi virus Corona ini, pada Rabu (13/1/2021) vaksinasi virus Corona pertama telah digelar. Orang pertama yang akan menerima vaksin tersebut adalah presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi menerima dosis pertama vaksin Sinovac di Istana Presiden, Jakarta. Vaksinasi tersebut digelar pukul 09.00 pagi dan disiarkan secara live streaming di YouTube Sekretariat Presiden.


Dalam kesempatan tersebut, beberapa orang lainnya turut divaksinasi bersama Jokowi, mereka di antaranya yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, Ketua Umum Kadin, P. Roeslani.

Ada pula perwakilan dari setiap Agama, seperti Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) sekaligus perwakilan Muhammadiyah Amirsyah Tambunan, Rais Syuriah PBNU Ahmad Ishomuddin, Wali Gereja Indonesia Romo Agustinus Heri Wibowo dan lainnya. Selanjutnya, ada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis.

Nah, lebih rincinya berikut ini fakta-fakta terkait vaksinasi Sinovac yang sudah dilakukan Jokowi.

1. Sebelum disuntik vaksin, diperiksa suhu dan tekanan darah

Sebelum disuntik vaksin, tim dokter melakukan pengecekan suhu dan tekanan darah Jokowi.

"Ini memang ada yang tidak diperbolehkan kalau tekanan darahnya tinggi?" tanya Jokowi, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (13/1/2021).

"Iya kalau ada tekanan darah di atas 140 tidak diberikan," jawab petugas medis.

Setelah diukur, dokter mengatakan bahwa tekanan darah Presiden Jokowi normal yakni 130/67 mm Hg. Selain itu, suhu tubuh Jokowi juga dinyatakan normal yakni 36,3 derajat Celsius.

"Saya ukur suhunya ya Pak, 36,3 derajat Celsius. Tekanan darah bapak 130/67 mm Hg, sehat," kata dokter.

"Biasanya 70 110 oke," kata Jokowi.

Klik halaman selanjutnya, Bunda

Simak juga tata cara penyimpanan vaksin COVID-19 dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/som)
5 Fakta Jokowi Disuntik Vaksin COVID-19
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi