sign up SIGN UP search


trending

Efek Samping Vaksin COVID-19 Sinovac Ringan hingga Berat, Bunda Perlu Tahu

Asri Ediyati Kamis, 14 Jan 2021 12:10 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. caption
Jakarta -

Penyuntikan perdana vaksin COVID-19 produksi Sinovac telah dilakukan hari ini, Rabu (13/1/2021). Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi salah satu resipien atau penerima pertama.

Program vaksinasi untuk masyarakat Indonesia pun dimulai sejak penyuntikan perdana. Nah, sebelum disuntik, Bunda sudah tahu belum efek samping vaksin Sinovac?

Dua hari sebelum vaksinasi COVID-19 perdana di Indonesia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI resmi mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Corona Sinovac yaitu CoronaVac.


Kepala BPOM Penny K. Lukito menjelaskan, efikasi vaksin Sinovac (65,3 persen) memenuhi persyaratan organisasi kesehatan dunia (WHO). Efek samping vaksin Sinovac yang teramati dalam uji klinis di Bandung pun disebut tidak ada yang membahayakan.

Penny kemudian menjelaskan beberapa efek samping vaksin Sinovac yang ditemukan selama uji klinis. Menurut data yang didapatkan dari uji klinis, vaksin tersebut hanya menimbulkan efek samping ringan hingga sedang.

"Secara keseluruhan menunjukkan, vaksin COVID CoronaVac aman dengan kejadian efek samping yang ditimbulkan ringan hingga sedang, yaitu efek samping lokal berupa nyeri, iritasi, pembengkakan, serta efek samping sistemik berupa nyeri otot, fatigue, dan demam," papar Penny dalam konferensi pers daring, dikutip dari detikcom.

Efek samping vaksin Sinovac dengan derajat berat seperti sakit kepala, gangguan di kulit, serta diare, juga dilaporkan terjadi setelah penyuntikkan vaksin. Kendati demikian, efek samping ini hanya terjadi sebanyak 0,1 hingga 1 persen, Bunda.

"Frekuensi efek samping dengan derajat berat sakit kepala, gangguan di kulit, atau diare, yang dilaporkan hanya sekitar 0,1 -1 persen," kata Penny.

Penny juga menyampaikan efek samping vaksin Sinovac bisa segera pulih kembali. "Secara keseluruhan, kejadian efek samping ini juga dialami pada subjek yang mendapatkan plasebo," kata Penny.

Lantas, bagaimana temuan efek samping vaksin Sinovac di luar negeri? Baca kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Simak juga video soal tata cara penyimpanan:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Pramugara Sriwijaya
Vaksin Sinovac di Brasil dan Turki, bagaimana hasilnya?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!