sign up SIGN UP search


trending

Dear Bunda, BPOM Pastikan Vaksin Sinovac Tak Mengandung Bahan Non-halal

Yuni Ayu Amida Sabtu, 09 Jan 2021 17:33 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. caption
Jakarta -

Pandemi virus Corona masih belum usai, Bunda. Kehadiran vaksin Corona pun menjadi salah satu yang diharapkan untuk melawan virus yang menjadi pandemi global saat ini.

Nah, salah satu vaksin yang kini sudah ada di Indonesia yakni vaksin COVID-19 buatan Sinovac. Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny K. Lukito mengatakan bahwa vaksin COVID-19 Sinovac ini tidak menggunakan bahan non-halal.

Penny juga menyebut bahwa lembaganya terus berkoordinasi dengan MUI untuk mendukung penerbitan sertifikasi halal vaksin COVID-19. Ini artinya vaksin tersebut aman digunakan oleh masyarakat Indonesia.


"Itu akan diterbitkan oleh MUI. Dalam hal ini kami juga berkoordinasi pertama saat bersama kami melakukan audit. Jadi ada juga auditor dari MUI untuk aspek halalnya," kata Penny K. Lukito, dikutip dari YouTube Badan POM RI, Sabtu, (9/1/2021).

"Kami pun juga memberikan data-data mutu dari vaksin COVID-19 ini yang menunjukkan tidak ada proses atau tidak menggunakan bahan-bahan yang sifatnya mengandung yang tidak halal," sambungnya.

Sementara itu emergency use authorization (EUA) atau izin penggunaan vaksin Sinovac saat ini belum dikeluarkan BPOM. Namun, Penny memastikan lembaganya secepatnya akan mengeluarkan EUA untuk vaksin Corona buatan Sinovac sebelum tenggat waktu penyuntikan vaksin yang telah direncanakan.

"Terakhir kami berkomunikasi bahwa secepatnya memberikan EUA, informasi rekomendasi akan kami infokan pada MUI, dan akan berproses dengan cepat sehingga sertifikasi halal itu akan dikeluarkan dalam waktu yang tidak terlalu lama," ungkapnya.

Lebih lanjut, kapan jadwal penyuntikan vaksin tersebut? Klik halaman selanjutnya, Bunda.

Simak juga tata cara penyimpanan vaksin dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Artis penyintas COVID-19



(yun/som)
Jadwal penyuntikan vaksin
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi