sign up SIGN UP search


trending

Nadiem Makarim Beberkan Alasan Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli 2021

Annisa Afani Selasa, 08 Jun 2021 16:00 WIB
empty classroom view caption
Jakarta -

Proses sekolah tatap muka akan kembali dilaksanakan pada Juli 2021 mendatang, Bunda. Hal tersebut pun telah ditetapkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim.

Keputusan tersebut ia ambil berdasarkan beberapa alasan. Sebagaimana yang dikatakannya dalam Rapat Kerja dengan Komisi X pada Senin (31/5/2021), Nadiem Makarim menyinggung soal kebijakan PPKM Mikro yang berlaku.

Ia menyatakan pada saat PPKM Mikro diterapkan di sebuah wilayah, maka sekolah yang berada di wilayah itu akan tutup dan tidak menutup sekolah yang lain.


"Bila ada masyarakat yang khawatir mohon jangan dilupakan bahwa instrumen terpenting kita bila ada peningkatan kasus adalah PPKM Mikro. Jadi bila ada PPKM Mikro tentu sekolah juga tidak bisa buka," ujarnya, dikutip dari CNBC pada Selasa (8/6/2021).

Lebih lanjut, ia pun menyebut dibukanya kembali sekolah ini diperlukan. Sebab, tempat umum lain sudah dibuka terlebih dahulu, seperti mal, bioskop dan kantor. Sedangkan sekolah menjadi pilihan terakhir yang dibuka.

Ia juga mengatakan pada dasarnya, pilihan pembelajaran tatap muka sudah terbatas dimulai sejak Januari 2021. Namun, orang tua diberikan kebebasan untuk menentukan apakah anaknya diizinkan sekolah secara tatap muka atau online.

"Sekadar mengingatkan bahwa sejak bulan Januari semua sekolah dan daerah itu sudah diizinkan jika mereka siap laksanakan muka terbatas. Bahkan sebelum vaksinasi pun sudah diizinkan. Tetapi pada saat sudah selesai divaksinasi itu, kewajiban sekolah untuk opsi tatap muka," terangnya.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

(AFN/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi