sign up SIGN UP search

trending

Siswa Prasekolah & SD di Malaysia Mulai Masuk Sekolah 1 Maret 2021

Annisa Afani Sabtu, 20 Feb 2021 17:49 WIB
School students  using hand sanitizer after entering a classroom. caption
Jakarta -

Sekolah di Malaysia akan kembali dibuka pada awal bulan depan, Bunda. Sebagaimana yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan Malaysia, Mohd Radzi Md Jidin, pembelajaran tatap muka akan di mulai pada 1 Maret 2021 mendatang.

Lebih lanjut, Radzi juga mengatakan bahwa kembalinya siswa ke sekolah akan dilakukan secara bertahap. Mulai dari murid pra-sekolah, SD kelas 1-2 akan mendapat giliran masuk lebih dahulu.

Kemudian untuk murid dari kelas 3-6 akan menyusul. Menurut informasi, pembukaan sekolah untuk murid kelas 3-6 akan dilakukan sepekan setelah siswa tingkat bawah, yakni pada 8 Maret.


Lebih lanjut, Mohd Radzi  juga menjelaskan bahwa bagi siswa yang berada di Johor, Kedah, Kelantan, dan Terengganu, maka proses pembelajarannya akan dimulai pada 4 April. Sementara itu, untuk sisanya, mulai bersekolah pada 5 April.

"Untuk sekolah menengah, seluruh tingkatan akan bersekolah pada 4 atau 5 April, tergantung wilayah. Tanggalnya berlaku untuk semua sekolah negeri dan swasta yang terdaftar di kementerian," kata Mohd Radzi , seperti yang dikutip dari The Star pada Sabtu, (20/2/2021).

Kata Mohd Radzi, anak-anak pra-sekolah dan SD dijadwalkan kembali ke kelas lebih awal karena ada tujuan tertentu. Ini bertujuan agar para guru dapat beradaptasi dengan standar operasional prosedur (SOP) yang baru, dan harus memastikan protokol kesehatan COVID-19 tetap dipatuhi selama berada di sekolah.

Banner Resep Telur

"Ini memungkinkan guru dan orang tua untuk menemukan cara terbaik saat bubaran di penghujung hari setelah sekolah," ujar Radzi.

Untuk alasan menunda siswa menengah masuk sekolah pada April atau sebulan kemudian, Mohd Radzi menyebutnya bahwa hal tersebut terjadi karena adanya masalah logisitik. Ia juga mengatakan bahwa hal tersebut berkaitan dengan ujian Sijil Pelajaran Malasyia (SPM)

Untuk diketahui, kegiatan SPM akan berlangsung pada 22 Februari hingga 25 Maret, Bunda. Menurut Radzi, ujian tersebut diperkirakan akan membutuhkan lebih banyak ruang setelah ditunda sejak tahun lalu.

"SOP-nya sangat rinci dan ketat untuk memastikan anak-anak yang akan mengikuti SPM dapat melakukannya dengan aman dan tenang," ujarnya.

Berbeda dengan Malaysia, di Indonesia sendiri telah mengizinkan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka pada awal tahun 2021. Namun KBM tatap muka ini harus melewati berbagai syarat dan ada faktor-faktor yang jadi pertimbangan pemerintah daerah untuk memberikan izin pembelajaran sekolah tatap muka.

Selain itu rencana KBM tatap muka juga sempat menuai banyak pro dan kontra dari banyak pihak, Bunda. Selengkapnya, simak di halaman berikutnya, ya.

Simak juga Bunda kelas online di masa pandemi dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



KBM TATAP MUKA di INDONESIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi