sign up SIGN UP search

trending

Dulu Viral karena Tampan, Eks Menteri Malaysia Syed Saddiq Kini Terjerat Korupsi

Asri Ediyati Jumat, 23 Jul 2021 11:55 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Cak Imin hingga Menpora Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman meninjau venue Asian Games di Palembang (Andhika/detikcom) caption
Jakarta -

Bunda masih ingat dengan eks menteri termuda Syed Saddiq yang dahulu viral karena ketampanannya? Kabarnya, kini ia tersandung kasus korupsi dana mantan partainya Parti Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu) sebesar Rp3,8 miliar, Bunda.

Syed Saddiq yang kini menjabat sebagai anggota parlemen Muar Malaysia itu diduga melakukan penyalahgunaan atau penyelewengan dana. Namun, ia mengaku tidak bersalah atas pelanggaran pidana tersebut.

Dilansir Channel News Asia, Syed Saddiq didakwa pada 22 Juli di Pengadilan Sesi di Kuala Lumpur dengan pelanggaran pidana kepercayaan yang melibatkan RM1 juta atau Rp3,4 miliar dari Bersatu. Ia juga diduga secara tidak jujur menyalahgunakan RM120.000 atau sekitar Rp400 jutaan dalam sumbangan untuk kampanye pemilihan umum ke-14.


Untuk dakwaan pertama, Syed Saddiq, yang saat itu menjabat sebagai kepala sayap pemuda Bersatu Armada, dituduh melakukan pelanggaran pidana karena menarik Rp3,4 miliar melalui cek tanpa persetujuan dewan tertinggi Bersatu.

Dia diduga telah melakukan tindakan itu pada 6 Maret 2020. Dakwaan berdasarkan Bagian 405 KUHP membawa hukuman penjara tidak lebih dari 10 tahun, cambuk, dan denda, Bunda.

Syed Saddiq juga didakwa menyalahgunakan Rp400 jutaan sumbangan untuk kampanye pemilihan umum ke-14, yang dikumpulkan melalui rekening bank milik Armada Bumi Bersatu Enterprise.

Pelanggaran ini dikatakan dilakukan antara 8 April 2018, dan 21 April 2018. Dakwaan berdasarkan Bagian 403 KUHP membawa hukuman penjara antara enam bulan dan lima tahun, cambuk dan denda.

Penuntutan dilakukan oleh direktur senior di divisi hukum dan penuntutan Komisi Anti Korupsi Malaysia (MACC) Faridz Gohim Abdullah dan wakil jaksa penuntut umum Muhammad Asraf Mohamed Tahir dan Mohd Afif Ali.

Syed Saddiq mengaku tidak bersalah di hadapan hakim Azura Alwi. Jaminan ditetapkan pada Rp1,1 miliar dengan satu penjamin untuk kedua dakwaan. Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Simak juga kisah Whulandary nikahi pria Malaysia:

[Gambas:Video Haibunda]



SYED SADDIQ DIPECAT MANTAN PARTAI PADA MEI 2020
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!