sign up SIGN UP search


moms-life

Nasib Perempuan Terkaya Afrika: Terancam Dibunuh & Harta Disita

Yuni Ayu Amida   |   Haibunda Kamis, 02 Jan 2020 11:40 WIB
Karena melakukan korupsi besar, perempuan terkaya Afrika ini terancam dibunuh dan hartanya disita. Simak kisah selengkapnya. caption
Jakarta -

Perempuan terkaya Afrika, Isabela dos Santos terancam dibunuh dan seluruh hartanya dibekukan. Hal ini karena wanita yang merupakan anak penguasa Angola, Jose Eduardo dos Santos ini melakukan korupsi yang merugikan negara sebesar satu miliar US dolar.

Pada Selasa 31 Desember 2019, Jaksa penuntut umum Angola mengesahkan bahwa rekening bank milik Isabel dos Santos dan suaminya, Sindika Dokolo dibekukan sesuai perintah pengadilan. Selain rekening bank, pengadilan pun membekukan kepemilikan mereka di beberapa perusahaan Angola.


Pasangan suami istri ini dan juga Mario da Silva, ketua Banco de Fomento Angola (BFA), bank swasta terbesar kedua di Afrika diselidiki atas kasus korupsi. Ketiga tersangka ini menyebabkan kerugian negara lebih dari satu miliar US dolar. Atas pembekuan tersebut, bank sentral akan memastikan tidak akan ada dana yang tertinggal di rekening bank pribadi ketiga tersangka.

"Negara melalui perusahaannya, mentransfer sejumlah besar mata uang asing ke perusahaan di luar negeri, dan penerima dananya adalah terdakwa, tetapi mereka tidak pernah mengembalikannya lagi kepada negara," kata pengadilan dalam amar putusannya tanggal 23 Desember, dilansir DW.

"Para terdakwa mengakui keberadaan utang itu, tetapi menyatakan mereka tidak memiliki sarana untuk membayar," lanjut amar putusan.

Nasib Perempuan Terkaya Afrika: Terancam Dibunuh & Harta DisitaJose Eduardo dos Santos/ Foto: istimewa


Kekayaan Isabela didapat dari hasil mengumpulkan uang melalui saham di beberapa perusahaan besar Angola, termasuk bank dan perusahaan telekomunikasi Unitel. Wanita yang dijuluki 'Sang Putri' karena sepak terjangnya sebagai anggota keluarga presiden ini juga memimpin perusahaan minyak Sonangol, sebuah perusahaan ekspor minyak yang merupakan ujung tombak ekonomi Angola.

Diketahui, ayah Isabela, Jose Eduardo dos Santos adalah mantan presiden Angola. Ia berkuasa di Angola hampir 40 tahun, terhitung 1979 sampai 2017. Kekuasaannya kini diganti oleh Presiden Joao Lourenço.

Sejak kepemimpinannya, Joao Lourenço berusaha membatasi pengaruh Jose Eduardo dos Santos dan memulihkan aset negara yang hilang. Di samping itu, sang mantan presiden merasa keluarganya ditindas oleh pemerintahan baru.

Bahkan pada 2017, Isabel Dos Santos dan keluarganya angkat kaki dari Angola dan pindah ke Eropa karena alasan menghadapi ancaman pembunuhan. Sebelumnya, selama sang ayah menjabat presiden, Isabel tidak mengaku melakukan kesalahan.



Simak juga resep yang bisa Bunda coba dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!