sign up SIGN UP search

trending

Benarkah PNS akan Digantikan Robot di Masa Depan?

Tim HaiBunda Selasa, 23 Nov 2021 19:08 WIB
Security CCTV camera, surveillance technology and show application Artificial Intelligence AI tools icon on screen display. Ilustrasi robot pengganti PNS/Foto: Getty Images/iStockphoto/Sitthiphong
Jakarta -

Tak dapat dimungkiri, saat ini dunia memang berlomba dengan teknologi. Sehingga, tak heran jika segala sesuatu kini dapat dikerjakan dengan teknologi.

Bahkan untuk posisi administrasi, seharusnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa digantikan oleh robot kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

"Ini bukan barang yang sulit. Barang yang mudah dan memudahkan kita untuk memutuskan sebagai pimpinan di daerah maupun nasional," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) di depan seluruh kementerian/lembaga saat memberikan pengarahan dalam pembukaan Musrenbangnas RPJMN 2020-2024, Desember 2019 lalu.


"Nanti dengan big data yang kita miliki, jaringan yang kita miliki, memutuskan akan cepat sekali kalau kita pakai AI. Tidak bertele-tele, tidak muter-muter," lanjutnya.

Banner Wanita Pontianak Nikahi Bule

Meski begitu, Biro Hukum, Humas dan Kerjasama BKN, Satya Pratama menyampaikan penekanan wacana ini bukan berarti seluruh PNS akan dipecat. Melainkan kolaborasi antara sumber daya manusia dan teknologi.

"Tidak (dihilangkan), tetap ada PNS. Namun jumlahnya tidak gemuk atau besar," ujarnya.

Konsep tersebut masih membutuhkan perencanaan yang lebih matang dan komprehensif. Oleh karena itu waktu yang dibutuhkan juga tidak singkat, Bunda.

"Itu masih dikaji lebih lanjut," jelasnya.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

Bunda, simak juga pekerjaan yang paling dicari di Jerman dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!