sign up SIGN UP search


trending

3 Jenis Vaksin Terbukti Paling Manjur Sebagai Booster, Salah Satunya Moderna

Annisa Afani   |   Haibunda Sabtu, 08 Jan 2022 13:21 WIB
Scientists are done research on vaccine in laboratory with test tubes on Covid19 Coronavirus type for discover vaccine. caption

Perjuangan kita melawan COVID-19 belum usai, Bunda. Setelah sempat landai angka kasus barunya, kini, kita kembali dihadapkan pada varian terbaru, yakni Omicron.

Varian Omicron ini cukup membuat kita kalang kabut. Ini karena varian tersebut dinilai lebih cepat menyebar dibandingkan varian Delta.

Sebagai upaya untuk berlindung dari infeksinya, sejumlah negara termasuk Indonesia pun menggelar suntikan dosis ketiga atau booster vaksin COVID-19.


Booster vaksin adalah suntikan vaksin yang diberikan kepada orang-orang yang sudah mendapatkan vaksin penuh atau dua dosis vaksin COVID-19. World Health Organization (WHO) merekomendasikan agar vaksin ini diberikan minimal 6 bulan setelah seseorang divaksin penuh pada penduduk berusia 18 tahun ke atas.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis vaksin yang telah digunakan. Soal booster vaksin yang paling efektif melawan varian omicron, sejumlah sudah peneliti melakukan uji coba. Menurut beberapa sumber, berikut hasil penelitian awal yang disebut ampuh sebagai booster:

1. Vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna

Menurut studi dari Discovery Health, yakni sebuah perusahaan asuransi Afrika Selatan, menemukan dua dosis Pfizer memiliki keefektifan 70 persen melawan Omicron. Angka ini menurun dari efikasi awal sekitar 80 persen. Catatan efektivitas vaksin itu juga untuk melawan penyakit parah serta rawat inap.

Ada juga studi dari Columbia University dan University of Hong Kong yang menemukan antibodi yang dihasilkan Pfizer 20 kali lebih rendah melawan Omicron dibandingkan varian aslinya. Riset di Inggris mengungkapkan 32 persen dari 581 kasus Omicron menerima dua dosis Pfizer 15 minggu atau lebih dari itu sebelumnya.

Peneliti juga menyimpulkan vaksinasi booster membuat peningkatan atas perlindungan. Antibodi Pfizer melawan Omicron dikatakan meningkat sama seperti menghadapi infeksi varian awal.

Dibandingkan dengan Pfizer, studi tersebut melihat penurunan antibodi lebih sedikit saat melawan Omicron. Penurunan antibodi vaksin Moderna terhadap Omicron sebanyak sembilan kali dibandingkan varian sebelumnya. Booster juga jadi catatan penting untuk antibodi meningkat lebih tinggi, dengan diberikan jenis yang sama.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

Bunda, simak juga rekomendasi IDAI terkait PTM terbatas yang telah ijinkan 100 persen siswa masuk sekolah dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!