sign up SIGN UP search


trending

Simak Bun, Ini Perbedaan Mencolok Gejala Omicron dan Flu Biasa Menurut Dokter

Firli   |   Haibunda Minggu, 09 Jan 2022 18:52 WIB
Omicron Variant on test tube - New Variant of Covid 19 caption
Jakarta -

Kita masih terus diminta untuk selalu menjaga protokol kesehatan ya, Bunda. Hingga kini angka kasus varian Omicron di Indonesia tercatat makin meningkat dan disebut-sebut kemungkinan bakal terus bertambah.

Kini masih menjadi perbincangan soal gejala omicron yang diketahui mirip dengan flu biasa. Berdasarkan laporan terakhir dari Kementerian Kesehatan, mayoritas dari total 254 pasien COVID-19 varian Omicron di Indonesia mengalami gejala batuk-pilek.

Tentu kemiripan ini membingungkan ya, Bunda. Juru bicara vaksinasi COVID-19 dr Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan penularan varian ini didominasi pelaku perjalanan luar negeri.


"Mayoritas (penularan) masih didominasi pelaku perjalanan luar negeri. Dari hasil pemantauan, sebagian besar kondisinya ringan dan tanpa gejala. Gejala paling banyak adalah batuk (49 persen) dan pilek (27 persen)," ujar dr siti Nadia Tarmizi dikutip dari laman resmi Kemenkes.

Lalu, bagaimana membedakan antara pilek akibat varian Omicron dengan flu biasa?

Gejala infeksi varian Omicron dengan flu biasa amat sulit dibedakan. Hal ini diungkapkan oleh Prof Eskild Petersen selaku Kepala European Society of Clinical Microbiology and Infectious Diseases dari Aarhus University Hospital di Denmark.

"Pilek biasa dan Omicron, dalam pandangan saya, tidak mungkin untuk dibedakan," ujarnya, dikutip dari The National News.

Banner Model Bosnia DisekapFoto: HaiBunda/Mia

Seperti yang Bunda ketahui, gejala utama COVID-19 meliputi demam tinggi, batuk terus-menerus, hingga kehilangan penciuman dan mengecap rasa. Menurut National Health Service (NHS) Inggris, infeksi varian Omicron memiliki gejala tumpang tindih dengan flu biasa. Misalnya hidung tersumbat atau berair, nyeri otot, dan bersin.

Meski infeksi Omicron dan flu menimbulkan gejala sangat mirip, namun ada perbedaan gejala mencolok antara keduanya. Hal ini dijelaskan oleh dr Petersen.

Menurutnya, flu cenderung lebih memberikan efek nyeri otot dan nyeri punggung ketimbang COVID-19 varian Omicron. Gejala ini tidak biasanya dialami pasien COVID-19, khususnya varian Omicron.

"Jika Anda benar-benar menderita influenza, Anda mengalami demam dan nyeri otot secara umum," ungkap dr Petersen.

Selain itu, dr Petersen juga menjelaskan perbedaan mencolok lainnya antara gejala COVID-19 varian Omicron dengan flu biasa.

TERUSKAN MEMBACA DENGAN KLIK DI SINI.

Simak juga video Ashanty terpapar COVID-19 sepulang liburan dari Turki:

[Gambas:Video Haibunda]



(fir/fir)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!