sign up SIGN UP search


trending

Simak Bun! Ini Cara Cek Tiket dan Jadwal Vaksin Booster di PeduliLindungi

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 12 Jan 2022 09:22 WIB
Doctor vaccinating for a boy on blue background. Ilustrasi Vaksin Booster/Foto: Getty Images/iStockphoto/baona
Jakarta -

Kabar terbaru datang dari vaksinasi booster atau dosis ketiga nih, Bunda. Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengabarkan kalau seluruh masyarakat Indonesia akan diberikan vaksinasi booster secara gratis atau tanpa dipungut biaya.

Menurut Jokowi, vaksin diberikan secara gratis karena keselamatan rakyat adalah yang paling utama. Ia juga menjelaskan kalau vaksinasi booster akan dimulai pada hari ini, Rabu (12/1/2022).

"Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia. karena sekali lagi keselamatan rakyat yang utama," ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara seperti dikutip dari akun Youtube Setkab.


Tak hanya itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menyetujui lima jenis vaksin yang akan digunakan sebagai booster. Setiap vaksin ini telah ditentukan apakah akan diberikan secara homolog (untuk penerima vaksin primer jenis sama) atau heterolog (untuk penerima vaksin primer jenis berbeda).

Sementara itu, kelima jenis vaksin COVID-19 yang telah mendapat persetujuan emergency use authorization (EUA) dari BPOM adalah Sinovac, vaksin Pfizer, vaksin AstraZeneca, vaksin Moderna, dan vaksin Zifivax.

Sebelum melakukan vaksinasi booster, Bunda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu, nih. Kementerian Kesehatan RI menganjurkan agar Bunda memeriksa tiketnya melalui PeduliLindungi.

Dilihat dari siaran pers Kemenkes RI, Selasa (11/2/2022), prioritas kelompok yang akan mendapatkan vaksin booster gratis adalah usia lanjut atau lansia dan kelompok rentan atau immunocompromized (peserta BPJS PBI).

Meski begitu, pada dasarnya vaksin booster ini diberikan kepada semua warga yang berusia 18 tahun ke atas serta yang sudah menerima vaksinasi dosis lengkap minimal 6 bulan.

Banner 7 Meja Makan Terbaik

Cara cek tiket dan jadwal vaksin booster

Kalau Bunda atau keluarga masuk ke dalam prioritas vaksin booster, Bunda harus segera cek tiket dan jadwal vaksin di web maupun aplikasi PeduliLindungi. Tiket ini nantinya bisa digunakan di lokasi vaksin booster gratis yang telah ditentukan.

Melalui web PeduliLindungi:

  • Bunda hanya perlu masukkan nama lengkap, NIK, lalu klik 'Periksa'.

Melalui aplikasi PeduliLindungi:

  • Buka aplikasi PeduliLindungi terlebih dahulu, Bunda.
  • Masuk dengan akun PeduliLindungi yang sudah terdaftar.
  • Klik 'profil' dan pilih 'Status Vaksinasi dan Hasil Tes COVID-19'.
  • Status dan jadwal vaksin booster akan muncul.
  • Cek tiket vaksin melalui menu 'Riwayat dan Tiket Vaksin'.

Lantas bagaimana kalau Bunda termasuk kelompok prioritas namun tiket dan jadwal vaksin belum didapatkan? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(mua/pri)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!